Beranda Daerah Lantik Dua Pejabat Eselon II, Ini Pesan Bupati Agas

Lantik Dua Pejabat Eselon II, Ini Pesan Bupati Agas

192
0

BORONG, RANAKA-NEWS.com – Bupati Manggarai Timur, Agas Andreas, SH,M.Hum kembali melantik dua pejabat eselon II tingkat Kabupaten Manggarai Timur (Matim), NusaTenggara Timur (NTT). Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan bagi dua pejabat pimpinan tinggi pratama lingkup Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur berlangsung di ruang rapat lantai dua Kantor Bupati Matim, Selasa (3/9/2019).

Berdasarkan pers release yang diterima ranaka-news.com dari bagian Humas dan Protokoler Setda Manggarai Timur, kedua pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik yakni Ir. Donatus Datur, dilantik menjadi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Drs. Fransiakus Petrus Sinta dilantik menjadi Kepala Dinas Perdangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Manggarai Timur. Sebelumnya Ir. Donatus Datur menjabat sebagai Kepala Dinas Pangan sedangkan Drs.Fransiakus Petrus Sinta menjabat sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja.

Bupati Agas dalam sambutannya menjelaskan, kegiatan pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan merupakan salah satu tahapan dari keseluruhan tahapan proses uji kesesuaian dan pemetaan jabatan pimpinan tinggi pratama yang telah lakukan pada bulan Juli 2019 yang lalu.

“Para pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilantik hari ini telah melewati tahapan uji kompetensi yang dilakukan untuk menilai kesesuaian antara kualifikasi dan kompetensi para pejabat yang bersangkutan dengan kualifikasi dan kompetensi yang dibutuhkan dalam pelaksanaan tugas jabatan,” ungkapnya.

Kepada Kepala Dinas Perdangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah yang baru dilantik, Bupati Agas berpesan agar betul-betul memegang amanah karena dinas koperasi bergerak di bidang ekonomi yang tujuannya untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Ke depan targetĀ  pertumbuhan ekonomi Manggarai Timur harus betul-betul baik supaya ekonomi kita di tahun 2023 bisa mencapai 90 persen. Salah satu faktor pendukung pertumbuhan ekonomi Manggarai Timur adalah ekspor. Kemarin kami membahas masyarakat ekonomi NTT bahwa di setiap daerah harus dibentuk BUMDesnya. Yang menjadi andalan kita orang Manggarai Timur adalah Kopi untuk itu kita harus jaga dan merawat kopi kita agar bisa diekspor dengan baik kedepan,” ungkapnya.

Lanjut Bupati Agas, selain meningkatkan ekspor kopi, Manggarai Timur juga harus meningkatkan populasi ternak karena ternak salah satu indikator untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi. Selain itu, harus menjadikan Kabupaten Manggarai Timur menjadi kabupaten koperasi indikator. Untuk menjadikan koperasi bukan ditentukan oleh berapa jumlah koperasi tetapi, ditentukan oleh jumlah anggota.

“Untuk itu saya minta kepada kepala Dinas Perdangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah harus betul-betul menjalani tugas ini dengan baik,” ungkapnya.

Kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup yang baru dilantik, Bupati Agas berpesan agar bebaskan Kota Borong dari masalah sampah baik itu sampah plastik maupun sampah-sampah yang lain yang ada di Borong.

“Jadikan tempat sampah sebagi wadah pembuangan sampah bagi masyarakat kota Borong. Kalau kota Borong mau bersih harus bebas dari sampah. Selain masalah sampah Kota Borong juga harus jadi kota hijau dan kota buah agar Kabupaten Manggarai Timur ada ciri khas tersendiritersendiri,” tutupnya. (MD+Humas Matim)