Beranda Daerah Pendaftaran Calon Kades Lembur Dimulai, Dua Balon Resmi Daftarkan Diri

Pendaftaran Calon Kades Lembur Dimulai, Dua Balon Resmi Daftarkan Diri

200
0

BORONG, RANAKA-NEWS.com Panitia pemilihan Kepala Desa Lembur telah mulai membuka pendaftaran bagi calon Kades Lembur Kecamatan Kota Komba-Manggarai Timur, NTT sejak 4 September kemarin. Sampai saat ini baru dua bakal calon yang secara resmi mendaftarkan diri kepada panitia penyelenggara, mereka adalah Fransiskus Aman dan Stefanus Papu.

Sekitar pukul 09.00 Wita Stefanus mendaftarkan diri di sekretariat pendaftaran yang bertempat di Kantor Desa Lembur itu. Tiga jam berselang, bakal calon Fransiskus mendatangi sekretariat untuk tujuan serupa. Keduanya dijelaskan oleh panitia penyelenggara tentang persyaratan yang perlu dilengkapi kembali.

Hal itu disampaikan Edivasius Rokus selaku Ketua panitia pemilihan Kades Lembur ketika ditemui ranaka-news.com, Kamis (5/9).

“Jadwal pendaftarannya kita sudah buka sejak kemarin sampai tanggal 7 September mendatang. Dalam tempo waktu tersebut, untuk bakal calon hanya memasukan foto copy KTP dan itu sudah dianggap sebagai penjaringan. Jadi metode yang kami pakai di penjaringan itu dengan metode pendaftaran,” jelasnya.

Edivasius menyampaikan, saat pendaftaran bakal calon dijelaskan oleh panitia tentang persyaratan-persyaratan lainnya yang perlu dilengkapi. Setelah selesai mendaftarkan diri bakal calon akan diberikan format bukti pendaftaran sebagai bakal calon dan format persyaratan pendaftaran yang telah diatur sesuai regulasi untuk dilengkapi.

“Semua bakal calon yang telah mendaftarkan diri akan melalui proses penyaringan oleh panitia. Penyaringan itu dilihat dari apakah berkas pendaftaran yang telah disyaratkan berdasarkan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan itu terpenuhi oleh bakal calon atau tidak,” jelasnya.

Calon Petahana Dibuktikan Dengan Rekomendasi Inspektorat Kabupaten

Lebih lanjut Edivasius menjelaskan secara keseluruhan ada 16 persyaratan yang perlu dilengkapi oleh bakal calon mulai tanggal 21 sampai dengan tanggal 23 September 2019. “Bagi calon petahana dibuktikan dengan rekomendasi dari Inspektorat Kabupaten Manggarai Timur. Hal itu sesuai dengan peraturan daerah dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutupnya.

Proses penyaringan dilihat dari seluruh berkas itu lengkap atau tidak. Jika jumlah bakal calon lebih dari lima dan melengkapi keseluruhan berkas yang disyaratkan maka akan ada persyaratan tambahan. (SJ)