Beranda NTT Sambut Mahasiswa Baru, BEM FE Univ. Muhammadiyah Kupang Gelar Stadium General

Sambut Mahasiswa Baru, BEM FE Univ. Muhammadiyah Kupang Gelar Stadium General

384
0

KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Dalam Rangka Menyambut Mahasiswa Baru, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ekonomi (FE) Universitas Muhammadiyah Kupang menggelar Stadium General yang bertempat di Aula Universitas Muhammadiyah Kupang, Rabu (25/9/2014).

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka menyambut Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Tahun ajaran 2019/2020 dengan mengusung tema “Membangun Kembali Tali Ukhuwah Fakultas Ekonomi Dengan Berlandaskan Pancasila, Demi Mewujudkan Mahasiswa yang Berwawasan Bhineka Tunggal Ika.”

Rektor universitas Muhammadiyah Kupang melalui  Ir. Samsul Bahari.,MM selaku Wakil Rektor Kemahasiswaan mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk pengenalan dunia mahasiswa kepada mahasiswa baru yang sedang berada pada masa transisi dari dunia SMA menuju dunia mahasiswa.

“Mahasiswa baru ini sedang berada dalam masa transisi, transisi dari pola pikir, pola tindak, pola kebiasaan di SMA masuk ke Perguruan Tinggi dimana mereka akan melalui yang namanya transformasi,” Kata Samsul

Lebih lanjut samsul menjelaskan, pada masa itu mereka perlu di arahkan, perlu dibimbing, perlu dikasih tahu kalau ini dunia akademik yang berbeda dengan dunia SMA, dan stadium general ini adalah salah satu instrumen yang dapat digunakan untuk itu.

“Stadium general merupakan kegiatan dari bagian penalaran dan keilmuan. Sehingga orientasi kegiatannya adalah peningkatan kapasitas penalaran dan keilmuan. Isinya harus kearah situ. Saya tekankan kepada ketua BEM dan panitia pelaksana hindari segala bentuk perploncoan, bentak-bentak ataupun tindakan intimidasi lainnya karena selain melanggar aturan kementerian juga menyalahi aturan tentang HAM.” tutup Samsul
Samsul mengharapkan kegiatan ini  harus lebih menekankan pada aspek penalaran dan keilmuan dan hindari tradisi perploncoan kepada mahasiswa baru.

Sementara itu, Ketua Panitia Muhammad Sadam kepada wartawan ranaka-news.com mengatakan tujuan dilakukan kegiatan ini selain sebagai peningkatan kapasitas penalaran dan keilmuan mahasiswa baru juga sebagai momen untuk mempererat tali silaturahmi antar mahasiswa.

” Tujuan dari kegiatan ini selain sebagai bentuk peningkatan kapasitas penalaran dan keilmuan dari adik-adik mahasiswa baru, juga sebagai bentuk mempererat tali persaudaraan antar sesama mahasiswa fakultas ekonomi universitas Muhammadiyah Kupang. Baik itu dengan dosen, senior-senior maupun sesama mahasiswa baru.” Jelas Mahasiswa akuntansi universitas Muhammadiyah itu

Diwaktu yang sama,  mahasiswa baru fakultas ekonomi universitas Muhammadiyah Kupang tahun 2019, Siti Salma mengapresiasi kegiatan ini dan berharap akan terus menjadi kegiatan rutin tahunan agar keakraban terus terjaga dan tidak ada pengkotak-kotakan diantara sesama mahasiswa.

” saya kira kegiatan seperti ini bagus, dan harapan saya semoga ini terus dilakukan setiap tahunnya agar antara senior dan junior tidak ada kecanggungan, apalagi kami mahasiswa baru butuh banyak bimbingan terkait kehidupan akademik karena kami baru merasakan dunia mahasiswa itu seperti apa”. tutup Salma

Kegiatan ini dihadiri oleh 280 Mahasiswa Baru Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Kupang yang terdiri dari 139 Mahasiswa Program Studi Akuntansi dan 171 Mahasiswa Program Studi Manajemen.

Reporter: Eddy Amasanan