Beranda Hukum Kriminal KBI NTT: Pemuda NTT Bicara Persatuan Tanpa SARA Dalam Bingkai NKRI

KBI NTT: Pemuda NTT Bicara Persatuan Tanpa SARA Dalam Bingkai NKRI

211
0

KUPANG, RANAKA-NEWS.com –Komunitas Bela Indonesua Nusa Tenggara Timur (KBI NTT) akan menyelenggarakan Talk Show” Pemuda NTT Bicara Persatuan Tanpa Suku, Agama dan Ras (SARA)” dalam arti memiliki kehidupan aman dan damai yang merupakan impian semua warga negara Indonesia. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Jumat (27/9/2019).

Setiap warga negara Indonesia memiliki harkat dan martabat yang sama serta harus diperlakukan secara setara dan adil oleh negara, tanpa membedakan suku, agama, ataupun warna kulit, seperti yang dijamin oleh UUD 1945.

Untuk memiliki kehidupan yang damai itu maka masyarakat harus memiliki rasa cinta yang besar terhadap Negara Indonesia tercinta. Rasa cinta terhadap tanah air dapat ditunjukan dengan sikap adil dan sikap toleransi dengan seluruh elemen masyarakat tanpa melihat semua perbedaan yang ada baik perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan.

“Setiap warga negara harusnya tidak mendapatkan stigma dan diskriminasi rasial serta mendapatkan perlindungan dan kepastian hukum jika sampai mendapatkan persekusi ataupun diskriminasi rasial dari pihak lain”, kata Christo Kolimo, Ketua KBI NTT.

Menurut Vivin Dasilva, Ketua Panitia, mengatakan kegiatan ini diselenggarakan untuk menjawab kegelisahan mahasiswa dan pemuda yang berasal dari luar daerah yang datang berkuliah di Kota Kupang. Tujuannya adalah Untuk membangkitkan semangat generasi muda Indonesia untuk melawan isu rasisme dan pelanggaran atas HAM, Membangun pembauran dan akulturasi sosial budaya antar kelompok masyarakat/ mahasiswa dari berbagai daerah di Kota Kupang, Agar setiap warga masyarakat dapat tetap memalihara keamanan dan kesatuan Negara Indonesia tercinta dan tidak ikut terlibat dalam perlakuan diskriminasi terhadap sesama, Menciptakan penjaminan kenyamanan dan keamanan untuk seluruh kelompok masyarakat dan mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia selama menempuh pendidikan di Kota Kupang, Untuk meningkatkan rasa persaudaraan antar sesame dan rasa cinta warga Negara terhadap Negara Kesatuan RepublikIndonesia.

Kegiatan ini akan dilaksanakan bersama sebagai narasumber Tokoh orang Tua Papua, Tokoh Orang Muda Papua, Ketua Pemuda GMIT, Ketua OMK Kupang, Ketua GP Ansor wil NTT, Tokoh Agama Kristen Protestan, Akademisi serta Politisi. Kegiatan ini akan dilaksanakan besok Jumat, 27 September 2019 pukul 16.00-selesai di Tirosa Resto & Café (dibawah Bundaran Tirosa).

Penulis: Vivin Da Silva

Editor   : Mathildis Din