Beranda Daerah UPTD Puskesmas Colol, Terbitkan Surat Penegasan dan Kewaspadaan Dini Penyebaran Covid-19 

UPTD Puskesmas Colol, Terbitkan Surat Penegasan dan Kewaspadaan Dini Penyebaran Covid-19 

387
0
BORONG, RANAKA-NEWS.com- Menindaklanjuti surat dari Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai Timur tanggl 16 Maret 2020 Nomor: P2P.442/Dinkes/273/III/2020, dalam rangka pengendalian penyebaran Covid-19, Unit pelayan terpadu (UPTD) Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Colol kecamatan Pocoranaka Timur Kabupaten Manggarai Timur Nusa Tenggara Timur, Implementasikan langkah antisipatif penanganan penyebaran Coronavirus (COVID-19).


Kepala UPTD Puskesmas Colol, Maria G. V. Edel saat diwawancari Ranakanews.com, Senin (23/03/2020), menegaskan untuk langkah antisipatif penaganan Covid-19, UPTD Puskesmas Colol sudah ikuti sesuai intruksi pemerintah pusat.

“Beberapa hari lalu pemerintah kabupaten Manggarai Timur  telah membentuk tim reaksi cepat dan Dinas kesehatan matim telah membentuk cluster sebagai langkah untuk pencegahan COVID-19”, ungkapnya.

“Langkah yang diterapkan adalah Pukesmas Keliling (Pusling) telah lakukan sosialisasi di setiap  Desa wilaya kerja  UPTD Puskesmas Colol”, Ujarnya

Lebih detail Ia menjelaskan Untuk  UPTD Puskesmas Colol sudah keluarkan  surat Penegasan dan Kewaspadaan dini Penyebaran Covid-19 kepada setiap Kepala Desa Sewilaya kerja Puskesmas Colol.

Adapun Langkah-langkah yang diterapkan UPTD Puskesmas Colol:
1. Setiap warga yang baru pulang  dari daerah terjangkit Covid-19, terutama dari luar Negeri, Bali, Jawa, Sulawesi dan kalimantan yang dikategorikan sebagai orang dalam pemantaun (ODP).untuk  dipantau kesehatannya  tidak boleh melakukan aktivitas  diluar Rumah (self isolation), selama 14 hari.
2. Menyediakan akses sarana cuci tangan dengan menggunakan sabun/hand sanitizer.
3. Segera lapor ke Puskesmas/Pustu/Poskesdes/Polindes bila menemukan orang mengalami deman, batuk, dan nyeri tenggorokan.

Laporan: Iren Leleng