Beranda Berita Kota Luncurkan Juknis Penilaian, Kadis P&K Kota Kupang Minta Orangtua Murid Jangan Khawatir

Luncurkan Juknis Penilaian, Kadis P&K Kota Kupang Minta Orangtua Murid Jangan Khawatir

136
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.Com- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) Kota Kupang  meluncurkan Petunjuk Teknis (Juknis) Pengelolaan Nilai untuk Penentuan Kenaikan Kelas dan Kelulusan Peserta Didik dari Satuan Pendidikan Program Kesetaraan Tahun Pelajaran 2019/2020 pada Jumat (3/4/2020).
Penyerahan juknis ini dihadiri oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Okto Naitboho, S. Pd., M. Pd, Koordinator Pengawas, E. Lay Lena, S.Pd, Ketua MK2S SMP Negeri dan Swasta Kota Kupang, Margarice Ratu, S.Pd, Ketua K3S SD/MI Kota Kupang, Mabel Juang, S.Pd serta beberapa orang Kepala Sekolah baik SD maupun SMP.
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs.Dumuliahi Djami,M.Si, meminta agar orang tua murid jangan khawatir terkait proses kenaikan kelas dan kelulusan anak-anak mereka.
“Kita minta orang tua murid agar jangan khawatir dengan proses kenaikan kelas dan kelulusan anak-anak mereka, karena kita telah menyiapkan Juknis yang mengatur tentang penilaian dan penentuan kenaikan kelas serta kelulusan peserta didik,” pinta Djami.
Djami menjelaskan, Juknis penilaian yang telah dibuat bersifat fleksibel, mengingat pencapaian belajar untuk semua sekolah saat ini tidak sama. Penilaian yang akan dilakukan disesuaikan dengan nilai yang sudah didapatkan oleh siswa sebelum pandemi covid-19 ini.
“Juknis penilaian kita buat lebih fleksibel mengingat pencapaian belajar tiap sekolah tidak sama. Nilai tersebut bisa didapatkan dari nilai ulangan harian, ulangan tengah semester bagi sekolah yang sudah melakukan ujian tengah semester dan bisa juga dari nilai ujian semester untuk sekolah yang melakukan pembelajaran online dan memungkinkan untuk melakukan ujian semester,” jelas Djami.
Djami menegaskan, siswa tidak boleh dirugikan pada kondisi saat ini, karena ini bukan keinginan siswa untuk tidak bersekolah tapi situasi pandemi covid-19 ini tidak memungkinkan untuk dilakukan pembelajaran tatap muka di sekolah.
” Tidak semua Sekolah dapat mengajarkan secara tuntas pokok bahasan pada semester ini. Kondisi ini bukan kesalahan peserta didik yang tidak ingin datang ke sekolah, namun situasi saat ini tidak memungkinkan untuk dilakukan pembelajaran tatap muka di sekolah. Prinsipnya bahwa dinas pendidikan dan Sekolah tidak boleh merugikan siswa dalam situasi sekarang,” tegas Djami.
Djami menambahkan selain penilaian dari aspek kognitif, aspek afektif atau penilaian sikap juga menjadi salah satu bagian yang sangat penting dalam penentuan  kenaikan kelas dan juga kelulusan tersebut.
“Tentu selain aspek kognitif,  penilaian aspek afektif atau penilaian sikap  juga menjadi salah satu bagian penting dalam penentuan kenaikan kelas maupun kelulusan peserta didik,” tutup Djami.
Juknis penilaian tersebut selain digunakan untuk penilaian di jenjang pendidikan formal juga digunakan untuk penilaian pada pendidikan non formal, yakni program kesetaraan atau Paket A, Paket B dan Paket C.
Pada kesempatan tersebut, Kadis P & K Kota Kupang menyerahkan Juknis Penilaian tersebut kepada Koordinator Pengawas, Ketua MK2S serta kepada Ketua K3S dan akan diberikan kepada semua Sekolah mulai Senin (06/4/2020). (Edi Amasanan)