Beranda COVID-19 Cegah Covid-19, Kapal Laut Tak Boleh Berlabuh Sepanjang Perairan Desa Amakaka

Cegah Covid-19, Kapal Laut Tak Boleh Berlabuh Sepanjang Perairan Desa Amakaka

182
0
LEMBATA, RANAKA-NEWS.com – Merebaknya Covid-19 kian hari terus mengalami peningkatan. Data yang di update oleh Gugus Tugas Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota masih mengalami kenaikan yang cukup signifikan.
Beberapa daerah terus melakukan langkah-langkah antisipatif guna mencegah penyebaran virus ini. Saat ini di Desa Amakaka, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, gugus tugas telah melarang kapal-kapal yang hendak berlabuh di sepanjang perairan Desa Amakaka. Jalur laut yang merupakan salah satu akses pintu masuk ke Desa Amakaka.
Kepala Desa Amakaka, Thomas Tiro ketika dihubungi media ini membenarkan hal itu. Dirinya meminta agar jalur laut disepanjang pantai Desa Amakaka agar dijaga ketat oleh tim keamanan setempat, mengingat Desa Amakaka adalah salah satu desa yang berbatasan dengan laut.
Pihak gugus tugas desa yang dibantu para nelayan setempat terus melakukan pemantauan berkala kepada tiap kapal yang beroperasi disekitar perairan Desa Amakaka.
Ia pun meminta agar bagi warga Desa Amakaka khsususnya yang sedang berada diluar daerah agar sedapat mungkin menunda mudik tahun ini.
“Tahun ini, kita harus menahan diri untuk tidak mudik. Kita putuskan rantai penyebaran virus ini. Dirinya mengimbau agar yang dirumahnya tetap di rumah, jaga kesehatan, jauhi kerumunan dan lakukan social distance,” imbuhnya.
Lebih jauh, Thomas menyarankan agar kapal-kapal yang ingin berlabuh di perairan Amakaka agar sebaiknya berlabuh di pelabuhan Lewoleba sehingga proses pemeriksaan bisa lebih baik.
Untuk sementara ini, Desa Amakaka sendiri sedang menangani Lima (5) orang yang melakukan karantina Mandiri. Satu (1) orang telah di nyatakan sembuh. Sehingga total yang melakukan karantina mandiri sebanyak  empat (4) orang. (Irfan)