Beranda COVID-19 Cegah Covid-19, Tiga Orang Warga Desa Golo Rentung Karantina di Kantor Desa

Cegah Covid-19, Tiga Orang Warga Desa Golo Rentung Karantina di Kantor Desa

178
0
Kantor Desa Golo Rentung (Foto: Istimewa/RN)
BORONG, RANAKA-NEWS.Com – Upaya Mencegah Masuknya Coronavirus (Covid-19), Pemerintah Desa (Pemdes) Golo Rentung, Kecamatan Lamba Leda, Kabupaten Manggarai Timur, mengkarantinakan tiga orang warga yang baru datang dari daerah terpapar Covid-19.
Hal ini disampaikan Ketua Tim Relawan Lawan Covid-19 tingkat Desa Golo Rentung, Ignatius L. Sabon kepada Ranaka-News.com saat ditemui di posco penanganan Covid-19, Desa Golo Rentung, Jumat (17/4/2020) siang.
Ignatius mengatakan umumnya warga yang di karantina pernah bekerja diluar daerah.
“Proses karantina mulai berlangsung pada Kamis, 16 April 2020 kemarin. Kini telah menampung tiga orang, lokasi karantina sendiri bertempat di kantor Desa Golo Rentung,” ungkap Ignatius.
“Ada tiga orang yang saat ini sedang dalam proses karantina. Mereka umumnya baru datang dari luar daerah seperti Bali, Jakarta, dan Makassar,” jelas ketua tim relawan lawan Covid-19 Desa Golo Rentung itu.
Tim relawan melawan Covid-19 juga melakukan penyemprotan disinfektan dua kali dalam seminggu dan pengecekan suhu tubuh bersama tim medis Puskemas Benteng Jawa.
“Tidak hanya karantina saja, kami juga melakukan penyemprotan di dua dusun yang ada, dengan sasaran rumah warga dan tempat umum,” jelas Ignatius.
Lebih lanjut Ignatius menjelaskan, hari Jumat tanggal 17 April 2020 ada masuk satu pelaku perjalanan lagi dari Makassar tujuan Desa Golo Rentung tiba pada pagi dinihari langsung dijemput tim relawan desa di posco jaga menuju rumah karantina.
“Tidak diizinkan bertemu keluarga selama 14 hari kedepan. Ketiga Orang Dalam Pengawasan (ODP) yang resmi dikarantina di rumah karantina balai desa Golo Rentung telah dilakukan pemeriksaan, untuk sementara berstatus OTG,” terang Ignatius.
Sementara itu, Aloisius Niku salah satu orangtua karantina mengapresiasi upaya tim relawan Desa Golo Rentung untuk mencegah masuknya Covid-19 di desanya.
“Saya sangat bangga dengan tim relawan Golo Rentung atas proses karantina ini dengan tujuan mencegah penyebaran Coronavirus (Covid-19) agar tidak meluas. Anak saya dikarantina pagi tadi Jumat, 17 April 2020. Kami merasa sangat puas atas pelayanan Pemerintah Desa (Pemdes) Golo Rentung,” pungkasnya. (Yustinus Darmoyuwono/RN)