Beranda COVID-19 BARAJP-NTT dan PERMASKKU Bersama Pemdes Omofa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

BARAJP-NTT dan PERMASKKU Bersama Pemdes Omofa Lakukan Penyemprotan Disinfektan

121
0
KAB. KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Relawan BARAJP-NTT dan Perhimpunan Mahasiswa Kabupaten (PERMASKKU) bersama Aparat Pemerintah Desa dan Masyarakat melakukan pencegahan Covid-19, dengan  bersama-sama melakukan penyemprotan Disinfektan di rumah-rumah warga sebanyak 579 rumah dan semua fasilitas umum yang ada sebanyak dua puluh enam (26) di Desa Oemofa, Kecamatan Amabi Oefeto Timur, Kabupaten Kupang. Hari ini Jumat, 17 April 2020.
Koordinasi Lapangan (Korlap) kegiatan, Yoseph Fobia menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk partisipasi dan dukungan orang muda terhadap pemerintah, baik dari pusat hingga daerah termasuk desa-desa di Kabupaten Kupang pada khususnya dalam mencegah penyebaran Coronavirus (Covid-19).
Kegiatan ini adalah inisiatif dan kerjasama BARAJP-NTT dan PERMASKKU bersama Pemerintah Desa Oemofa dalam mengatasi wabah Covid-19 di desa ini.
Karena sebagaimana yang kita ketahui bersama, bahwa wabah tersebut kini mengancam dan telah merenggut ribuan nyawa manusia di seluruh dunia termasuk Indonesia.
Oleh karena itu, selain melakukan penyemprotan ada himbauan kepada seluruh masyarakat di Desa Oemofa dan sekitarnya agar selalu waspada, tetapi tidak boleh panik dan takut.
Tetap mengikuti himbauan-himbauan yang disampaikan oleh pemerintah dan para medis serta semua pihak yang terlibat dalam mengatasi penyebaran Coronavirus ini.
Kepada awak media, ketua Bara JP NTT, Medir Enos Tanu menyatakan kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian dan rasa tanggung jawab besar terhadap masalah kemanusiaan ini.
Selain itu, Bara JP NTT mengajak masyarakat bersama-sama bergotong royong melawan Covid-19, kita tidak boleh pesimistis tetapi kita hadapi dengan ikhtiar kerja keras,”tandas Enos.
Lebih Lanjut Enos yang juga putra kelahiran Oemofa  mengimbau agar warga baru yang masuk ke daerah Amabi Oefeto Timur khususnya Oemofa harus disiapkan tempat khusus untuk di Karantina terlebih dahulu baru dikembalikan kerumahnya.
Ketua PERMASKKU Urbanus Hetmetan, menyampaikan bahwa kegiatan penyemprotan disinfektan di rumah warga dan tempat-tempat umum di Desa Oemofa merupakan bentuk kepedulian atau aksi nyata PERMASKKU dalam menangkal atau mencegah penyebaran Covid-19 terhadap masyarakat kususnya masyarakat di wilayah Kabupaten Kupang.
Sementara itu, Kepala Desa (Kades) Oemofa, Yohanis Nope Mengatakan bahwa kami juga berterima kasih atas perhatian dan partisipasi kerja sama ini, karena sejauh ini langkah-langkah pencegahan seperti pembatasan sosial distanting penggunaan masker sudah kami lakukan, tetapi untuk penyemprotan secara menyeluruh terhadap rumah-rumah warga dan fasilitas-fasilitas umum baru dilakukan hari ini.
Kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari bapak camat Amabi Oefeto Timur, Simon Selan, bahwa kegiatan penyemprotan ini akan di upayakan semaksimal mungkin agar semua desa di Kecamatan Amabi Oefeto Timur bisa melakukan hal yang sama seperti yang kita lakukan hari ini, termasuk menyediakan westafel atau tempat cuci tangan dirumah masing-masing dan tempat-tempat umum.
Kapolsek Amabi Oefeto Timur juga mengharapkan agar semua masyarakat mengikuti maklumat Kapolri dan siap mendampingi dan mendata masyarakat yang baru berpergian dari luar daerah atau luar negeri, agar bisa melakukan karantina mandiri dirumah masing-masing.
Sementara itu kepala Puskesmas Oenuntono, Oktovianus Tunbonat, berharap agar lewat himbauan-himbauan yang ada masyarakat memiliki riwayat perjalanan bisa segera melaporkan diri ke pihak kesehatan agar segera di tangani secara baik.
Lebih lanjut Yoseph, sebagai korlap kegiatan ini mengharapkan agar masyarakat dapat menerapkan budaya hidup sehat, seperti: rajin mencuci tangan dengan sabun, wajib gunakan masker ketika keluar rumah, hindari bersentuhan dengan orang lain, hindari kerumunan massa atau duduk berelompok, selalu menjaga jarak minimal 2 meter jika berkomunikasi lisan dengan sesama, jangan sentuh area wajah ketika bersin dan batuk, hindari berbagi barang pribadi, bersihkan perabot rumah dan sekitarnya, selaku mencuci bahan makanan dan tingkatkan Imunitas tubuh.
Dengan mematuhi dan melaksanakan langkah-langkah tersebut di atas, maka anda dan saya serta kita semua pasti terhindar dari Coronavirus (Covid-19) yang kini terus meningkat dan mengancam nyawa anda, saya dan kita semua. (Samuel Padakama)