Beranda Berita Kota Peringati Hari Kartini, Nita Juwita Mengajak Perempuan NTT Meneladani Sosok RA Kartini

Peringati Hari Kartini, Nita Juwita Mengajak Perempuan NTT Meneladani Sosok RA Kartini

253
0
Ketua LBH Surya NTT, E. Nita Juwita, SH, MH
KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Memperingati Hari Kartini, 21 April  2020, Ketua Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT, E. Nita Juwita, SH.MH mengajak perempuan NTT untuk meneladani sosok Raden Adjeng Kartini. Hal ini disampaikan Nita di ruang kerjanya pada Senin (20/4/2020).
Nita mengatakan bahwa perempuan-perempuan di Nusa Tenggara Timur (NTT) harus bisa meneladani sosok RA Kartini.
“Perempuan-perempuan khususnya perempuan NTT harus bisa meneladani perjuangan dari RA  Kartini, dalam rangka turut serta membantu pemerintah kemudian tetap seorang ibu rumah tangga dan seorang yang punya profesi, intinya harus seiring sejalan, dimana kita juga tetap mengabdi kepada Nusa dan Bangsa ini, dan juga tetap sebagai seorang ibu, ibu dari anak-anak dan seorang ibu rumah tangga juga tetap harus seimbang sehingga semua berjalan dengan baik. Intinya kita harus bisa mengatur waktu, waktu untuk keluarga ya kita pergunakan untuk keluarga kemudian waktu untuk pekerjaan ya kita fokus kepada pekerjaan,” ungkap Nita.
Lebih lanjut Nita menjelaskan sebagai seorang advokat yang sudah beranjak 20 tahun, ia melihat seorang perempuan itu harus mandiri.
“Meneladani sosok Raden Adjeng Kartini, sebagai seorang perempuan kita harus bisa mandiri dan juga tetap sebagai ibu rumah tangga maupun seorang ibu bagi anak-anak. Sehingga semua itu bisa berjalan seiring sejalan. Maksudnya Ada keseimbangan. Karena kalau kita fokus kepada pekerjaan anak terlantar juga percuma. Kemudian kalau kita fokus urus rumah tangga kemudian tidak eksis di profesi juga saya rasa ilmu yang sudah saya enyam selama ini saya rasa juga sia-sia,” jelas Anggota  Dewan Kehormatan Perhimpunan Advokat Indonesia  (PERADI)  NTT itu.
Terkait penanggulangan Covid-19, Nita mengatakan sejauh ini sudah diterapkan sesuai anjuran Pemerintah, baik itu dilingkungan kantor maupun dalam menjalankan profesinya sebagai seorang advokat.
“Kami di Kantor selalu waspada dengan tetap mematuhi anjuran Pemerintah, seperti pada saat masuk juga ada hand sanitizer itu salah satu bentuk menangkal Covid-19 ini. Kemudian untuk persidangan pun kita mengikuti arahan-arahan dari pengadilan dengan sistem sidang online. Kami juga melakukan hal yg sama dengan pengadilan, kejaksaan karena menjaga jarak. Jadi pengadilan di pengadilan, kejaksaan di kantor kejaksaan, terdakwa di rutan. Kami juga kadang sidang di kantor disini, kadang ikut dengan hakim di pengadilan,” papar Nita.
Nita menjelaskan bahwa Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surya NTT lebih kepada memperjuangkan hak-hak perempuan.
“Misi kami lebih kepada memperjuangkan hak-hak perempuan sehingga kami berharap perempuan NTT bisa maju seperti perempuan-perempuan di luar sana, kesetaraan gender juga ibu rasa perempuan NTT mampu. Bukan berarti kesetaraan gender ini kita mau melebihi laki-laki tapi minimal kita bisa sejajar dengan kaum laki-laki,” ungkap Nita.
“Dirinya berharap dalam rangka memperingati hari  RA Kartini ini perempuan-perempuan NTT bisa maju, bisa berkiprah sama dengan laki-laki begitu baik di bidang ekonomi, sosial, politik maupun di bidang lain seperti dalam hal dunia advokasi yang saya tangani saat ini karena terus terang advokat di Kota Kupang, untuk perempuan bisa dihitung dengan jari,” ungkap Nita penuh semangat.
Lanjutnya, selama menjadi advokat, kendala sebagai seorang perempuan ada, selama penanganan kasus. Misalnya sering dapat ancaman dari suami klien,” tutur Ketua LBH Surya NTT itu.
Ia menambahkan bagi masyarakat yang tidak mampu bisa mendapatkan bantuan hukum dari LBH Surya NTT.
“Kami sebagai salah satu LBH yang terakreditasi di Kota Kupang, kami mendapat anggaran dari kementerian hukum dan ham, BPHN dari pusat sehingga kami membantu masyarakat yang tidak mampu, tapi negara sudah menyiapkan anggaran untuk kami, sehingga bagi masyarakat yang kurang mampu bisa menggunakan LBH  dengan syarat membawa surat keterangan tidak mampu dan KTP atau BPJS miskin kalau memang mau dibantu secara cuma-cuma atau gratis oleh LBH Surya NTT,” tutup Nita.
Untuk diketahui LBH Surya NTT mempunyai kantor perwakilan di semua Kabupaten yang ada di NTT. (EA/MD)