Beranda Daerah Pemkab Sikka Gagas Pembelajaran Lewat Radio

Pemkab Sikka Gagas Pembelajaran Lewat Radio

94
0
Kabag Humas dan Protokol Kabupaten Sikka, Very Awales.
MAUMERE, RANAKA-NEWS.com – Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo, Sos, M.Si sesuai agenda protokol dan komunikasi pimpinan pada Senin (27/4/2020) pukul 08.00 Wita. Akan melaunching proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) melalui Radio Suara Sikka atau RSPD Sikka.
“Guru-guru mata pelajaran sudah disiapkan untuk mengasuh mata pelajaran bagi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sedangkan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) akan dikoordinasikan dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (PKO) Provinsi NTT,” kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Sikka, Very Awales kepada media, Sabtu (25/4/2020).
 Very menjelaskan bahwa sepanjang masa Covid-19 anak-anak perlu dibekali dengan pola pembelajaran yang baru tidak hanya mengerjakan tugas PR yang diberikan oleh guru tapi juga metode baru yang akan diluncurkan Senin nanti adalah metode pembelajaran jarak jauh dengan radio.
“Pola ini juga kiranya memacu daya tangkap siswa-siswi melalui cara mendengarkan tanpa melihat gurunya. Siswa mendengar penjelasan guru lalu melakukan analisa. Dengan ini dapat mendorong sekaligus memacu kemampuan siswa. Setelah pelajaran selesai para siswa akan diberi tugas dan kumpulkan di sekolah masing-masing untuk diberi nilai,” tandas Very.
” Lanjutnya khusus KBM melalui radio ini hasilnya akan diumumkan oleh Radio dan yang terbaik dalam mengerjakan tugas akan diberi hadiah untuk sepuluh (10) besar oleh Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo,” kata Very.
Very juga mengatakan jadwal Kegiatan belajar mengajar sudah disiapkan oleh Dinas PKO Kabupaten Sikka mulai Senin, 27 April 2020 sampai dengan Rabu, 27 Mei 2020.
“Saya berharap para siswa-siswi dapat memanfaatkan proses KBM ini dengan baik,” harap Very.
RSPD Sikka sudah menjangkau seluruh wilayah di Kabupaten Sikka bahkan Kabupaten tetangga Flotim dan bagian Utara Ende. Apabila ada beberapa wilayah yang belum dijangkau oleh siaran Radio Suara Sikka, maka Dinas PKO akan memikirkan pola lain yang pas untuk digunakan dalam masa Covid-19 ini. (VA)