Beranda COVID-19 Bupati Dapawole Sambut Para Penumpang Asal Sumba Barat di Pelabuhan Binanatu

Bupati Dapawole Sambut Para Penumpang Asal Sumba Barat di Pelabuhan Binanatu

214
0
WAIKABUBAK, RANAKA-NEWS.com – Bupati Sumba Barat, Drs. Agustinus Niga Dapawole menyambut kedatangan para penumpang asal Sumba Barat di Pelabuhan Binanatu – Kecamatan Tanarighu, Sumba Barat, Sabtu (25/4/2020).

Penumpang yang turun di Pelabuhan Binanatu menggunakan KM. Sabuk Nusantara 79 sebanyak 23 orang dengan rincian 21 orang asal Sumba Barat dan 2 orang Penumpang lainnya berasal dari Kabupaten Sumba Tengah.
KM. Sabuk Nusantara 79 yang di Nakodahi Kapten Ubaidin Haidar tiba di Pelabuhan Binanatu sekitar Pukul 13.00 Wita.
Para Penumpang yang turun dari KM. Sabuk Nusantara 79 di semprotkan disinfektan oleh petugas kemudian dilanjutkan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh para Medis.
Dapawole dalam kesempatan itu mengimbau kepada para penumpang yang baru turun agar taati aturan Pemerintah (Protokol Kesehatan) sehingga dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat.
“Kepada para penumpang yang baru turun agar taati aturan Pemerintah. Setelah dari sini, diharapkan wajib mengisolasikan diri mandiri selama 14 hari di rumah.
Nantinya akan ada pengecekan rutin langsung oleh petugas baik dari pihak medis maupun pihak pemerintah desa dimana tempat tinggal saudara. Bila mana dalam masa karatina mandiri saudara merasa ada keluhan sakit, agar sesegera mungkin mendatangi puskesmas terdekat atau menghubungi nomor telepon siaga Covid-19 Kabupaten Sumba Barat (0821 4532 0243),” jelas Bupati Dapawole.
Hal demikian dikatakannya sesuai Surat Edaran Bupati Sumba Barat tertanggal 13 April 2020 tentang Penyiapan Lokasi Karantina Terpusat di masing-masing Desa Wilayah Kabupaten Sumba Barat terkati Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Sumba Barat agar masing-masing Warga yang baru tiba dari Luar Daerah atau Wilayah Zona Merah untuk di karantina pada tempat-tempat yang telah disediakan oleh Pemerintah Desa sehingga dapat lebih mudah diawasi oleh pihak medis dan petugas keamanan.
“Oleh karena itu saya harapkan agar para penumpang yang baru turun dari Kapal harus jujur dengan diri sendiri dan juga jujur kepada pihak medis, karena Keselamatan Masyarakat Sumba Barat adalah yang utama,” pungkas Dapawole.
Turut hadir mendampingi Bupati Sumba Barat, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Kadis Perhubungan, Para Dokter, Kapolsek Loli, Danpos Tanarighu dan Anggota. (AD)