Beranda Berita Kota Reefjohn M. Dida: Anak-Anak adalah Tulang Punggung Negara

Reefjohn M. Dida: Anak-Anak adalah Tulang Punggung Negara

257
0
Reefjohn Mickael Dida, S.Pd, Guru SMPN 6 Kupang.
KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Pahlawan yang memperjuangkan Pendidikan Nasional yaitu Ki Hajar Dewantara lahir pada Tanggal 2 Mei 1889 yang juga pelopor pendidikan di Indonesia sekaligus pendiri lembaga pendidikan taman siswa dan oleh pemerintah ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas).
Setiap tanggal 2 Mei diperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan kali ini kita memperingati Hari Pendidikan Nasional ditengah-tengah pandemik Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) dengan segala pembatasan yang telah ditetapkan pemerintah yaitu Social distancing, Physical distancing dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).
Hal ini disampaikan oleh Reefjohn Michael Dida, S.Pd, guru Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 6 Kupang, memberikan pandangan terkait peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun ini.
Kepada Ranaka-News.com, Jumat (1/5/2020), Michael mengatakan bahwa Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) sangat penting untuk diperingati maupun dimeriahkan walaupun tidak tatap muka dengan siswa karena keadaan yang hari ini ditempa pandemik Covid-19.
“Karena apabila kita tidak memotivasi semangat anak-anak maka mereka akan lupa semua itu, sedangkan pendahulu-pendahulu kita sebelumnya berjuang mati-matian. Anak-anak adalah tulang punggung Negara. Semangat belajar anak didik kita harus ditingkatkan jika tidak maka apa yang kita dan bangsa cita-cita kan akan menjadi pudar,” ujar Reefjohn.
Lanjutnya, dengan situasi dan kondisi ditengah pandemik Covid-19 ini, kita sebagai guru harus bisa memotivasi atau membangkitkan semangat belajar siswa secara kreatif baik lewat WhatsApp (WA), TVRI, dan media elektronik lainnya.
“Saya mengharapkan generasi muda (siswa) dapat memanfaatkan untuk menimba ilmu yang setinggi-tingginya karena ilmu merupakan jendela dunia, jadi tingkatkan budaya membaca. Kalau kita sudah memiliki keahlian maka dengan sendirinya kita bisa menguasai dan dunia pun dalam genggaman tangan kita,” ungkap Reefjohn.
Reefjohn juga mengharapkan kepada pemerintah, agar memberikan semangat kepada para guru ditengah pandemik covid-19 ini dengan peran guru perlu ditingkatkan agar apa yang menjadi tujuan bersama dalam mencerdaskan kehidupan anak bangsa sehingga ia berharap memperhatikan nasib kesejahteraan para pengajar atau guru agar mereka bisa lebih optimal dalam memberikan sumbangsih terhadap kemajuan pendidikan.
Yang berikut, membangun sarana dan prasarana sekolah yang memadai sampai ke pelosok seperti gedung, listrik, jaringan internet, serta yang berhubungan langsung dengan dunia pendidikan.
Kepada orangtua ia mengharapkan selain guru, orang tua juga sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Setiap orang tua juga harus memberikan motivasi kepada anak, suri tauladan dan contoh berprilaku yang baik tentang norma-norma dan pendidikan dasar.
Kata dia, yang perlu diingat bahwa kita juga harus memberikan kemerdekaan belajar bagi siswa yang artinya memberikan siswa kesempatan untuk mengemukakan ide-ide mereka, biarkan mereka menemukan solusi, mencari segala pengetahuan dengan menggunakan pemikiran mereka sendiri apalagi ditengah pandemik Covid-19 ini, tinggal bagaimana guru mengarahkan ke arah yang lebih baik lagi.
“Kita harus ingat bahwa setiap tanggal 2 Mei diperingati sebagai Hardiknas yang mana kita ingat slogan dari Bapak pelopor pendidikan Ki Hajar Dewantara: ‘Jadikan setiap orang yang baik sebagai guru dan jadikan setiap  rumah yang baik sebagai sekolah”, pungkasnya. (TIM RN)