Beranda Daerah Hallo Desaku Bangka Dese, Sudahkah Engkau Berubah?

Hallo Desaku Bangka Dese, Sudahkah Engkau Berubah?

269
0
MAKASSAR, RANAKA-NEWS.com – Kepada Pemerintah Desa Bangka Dese, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai.
Perkenalkan nama saya Herybertus Sugianto asal Desa Bangka Dese yang saat ini berada di Kota Makassar. Izinkanlah saya untuk kirimkan tulisan ini pada desaku untuk sebuah perubahan.
Sebenarnya saya paling malas mengomentari tentang birokrasi, tapi bagaimana mungkin saya bisa diam sementara ini yang terjadi di daerahku sendiri.
Banyak sekali penyimpangan yang terjadi, ada beberapa sanak saudara di sana yang selalu memberikan informasi terkait kebijakan yang tidak pernah tepat sasaran.
Misalnya saja bantuan PKH dan bantuan meteran listrik pada beberapa bulan yang lalu dan masih ada juga kebijakan lain saya tidak bisa sebut one by one (satu persatu).
Saya mencurigai kepala desanya terpaku pada Peraturan Kemendagri tentang ‘Wewenang dan Tugas Kepala Desa’ pada poin (c) Memegang kekuasan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Desa. Poin (d) Menetapkan Anggaran Pendapat dan Belanja Desa.
Tapi dia mungkin lupa dalam hal aturan itu masih ada beberapa poin lagi. Sebut saja poin (h) bagaimana pemerintah desa bisa membina dan meningkatkan perekonomian desa serta mengintegrasikannya, agar mencapai perekonomian skala produktif yang sebesar-besarnya demi kemakmuran masyarakat desa Itu sendiri.
Dengan demikan saya sangat prihatin dengan kemampuan yang dimiliki oleh kepala desa disana yang tidak memberikan kenyamanan yang layak. Walaupun saya paham dalam hal ini tidak semua merasakan karena kepala desa yang terpilih juga menggunakan Revanchisme Politik, siapa yang memilih dia maka merekalah yang berhak mendapat atas bantuan-bantuan apapun.
Sangat di sayangkan padahal konteks dalam politik itu selalu berpedoman pada pancasila yang dimana disebut pada poin 2 dan 5.
Saya mencoba ambil sedikit istilah dari Senator NTT, Bpk. Andri Garu. “Gunakan kecerdasan-Mu untuk orang banyak”. Dengan demikian apakah kepala desa pantas di sebut sebagai good government.
Dan pada kesempatan ini ijinkanlah saya untuk bisa katakan pada desaku bahwa “Desa Bangka Dese adalah Berlian Tetapi Masih Di Sebelah Kali”.
“Salam perubahan Desaku”.
Oleh : Hery Sugianto
Kontributor : Yhono Hande