Beranda Berita Kota IKST Kupang Berbagi Kasih Sebagai Wujud Persaudaraan Kepada Mahasiswa Sumba Tengah di Kupang

IKST Kupang Berbagi Kasih Sebagai Wujud Persaudaraan Kepada Mahasiswa Sumba Tengah di Kupang

189
0
KUPANG,RANAKA-NEWS.com–  Menyikapi dampak pandemi covid 19, Ikatan Keluarga Sumba Tengah (IKST) Kupang melakukan aksi kemanusiaan dengan berbagi kasih kepada 132 mahasiswa yang berasal dari 6 Kecamatan di Kabupaten Sumba Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan di Rumah salah satu Pengurus IKST yakni Umbu P. L Dawa pada Sabtu (9/5/2020).
Aksi kemanusiaan ini dihadiri oleh jajaran Badan Pengurus IKST Kupang, Bapak Umbu Saga Anakaka selaku Pembina IKST Kupang dan lima (5) OKP mahasiswa Sumba Tengah dibawah Koordinasi Himpunan Mahasiswa Pelajar Sunnah Tengah (HIPERSMAST) Kupang.
Salah satu penggagas kegiatan, Umbu P. L. Dawa mengatakan bahwa aksi kemanusiaan ini merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan sebagai kakak dan adik.
“Berbagi kasih ini bukan mengukur kemampuan adik-adik mahasiswa sebagai orang yang tidak mampu tetapi merupakan aksi kepedulian senior dalam turut meringankan beban sebagai dampak covid-19 bagi mahasiswa Sumba Tengah di Kupang, karena itu janganlah dilihat dari jumlah dan jenis bantuan yang diterima tetapi ini merupakan wujud kepedulian dan kebersamaan kita antara kaka dan adik,” ungkap Umbu.
Sementara itu selaku Ketua IKST Kupang, Umbu Laiya Sobang menyampaikan aksi kemanusiaan ini adalah sebuah pelajaran bahwa dalam menghadapi sebuah masalah diperlukan kebersamaan dan kepedulian untuk saling bergandengan tangan.
“Dalam aksi kemanusiaan untuk berbagi kasih ini, bukan aspek memberi dan menerima saja yang menjadi fokus tetapi kita mendapatkan pembelajaran bahwa dalam menghadapi suatu masalah diperlukan kebersamaan dan kepedulian untuk bergandengan tangan dan saling tolong menolong yang mana nilai-nilai ini merupakan jati diri bangsa Indonesia pada umumnya dan orang Sumba khusus dengan budaya gotong royong dan saling tolong menolong yang telah lama menjadi tradisi leluhur kita. Sikap ini harus terus tumbuh dan terpelihara dalam proses kehidupan bersama.  kita teristimewa bagi generasi muda kita, sehingga ke depan mereka menjadi orang-orang yang memiliki kepedulian bagi sesama seperti yg terjadi dan dirasakan hari ini,” jelas Umbu Laiya.
Lebih lanjut Umbu Laiya Sobang yang juga merupakan salah satu Ketua Program Studi pada salah satu Universitas di Kupang tersebut mengatakan bahwa harapan senior Sumba Tengah bagi adik-adik mahasiswa agar tetap menaati anjuran pemerintah yakni dengan menjaga jarak, cuci tangan, memakai masker dan tetap belajar dari rumah agar proses akademik tidak terhambat, belajar online tetap dijalani dengan menggunakan berbagai media online yang tersedia.
Lebih lanjut Umbu Laiya Sobang menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh senior Sumba Tengah maupun simpatisan yang telah dengan kerelaan dan ketulusan serta kepedulian yang tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan berbagi kasih ini.
“Kiranya niat baik dan uluran tangan bapak ibu sekalian mendapatkan limpahan berkat dari Tuhan yang maha kuasa sebagai sumber berkat. Kiranya aksi kemanusiaan seperti ini tidak berhenti disini tetapi masih berlanjut sepanjang kondisi pandemi covid-19 ini masih menjadi keprihatinan bersama oleh seluruh elemen bangsa dengan bersama kita lawan covid 19,” harap Umbu Laiya.
Sementara Umbu Talu Oli, mewakili  badan pengurus Himpunan Pelajar Mahasiswa Sumba Tengah (HIPPARMAST-Kupang) kepada media ini Ia mengatakan bahwa aksi sosial yang dilakukan oleh senior IKST merupakan perwujudan rasa keperihatinan mereka kepada kami ditanah rantau, dalam hal ini aksi sosial ini sasaran pada mahasiswa yang secara ekonomi berasal dari keluarga kurang mampu.
“Kami merasa bangga akan hal ini bahwa  orangtua, senior, kakak, keluarga IKST atas perhatian mereka terhadap kami dan sesuai data yang menerima ada 150 orang,” ucap Umbu Talu.
Lanjut Umbu Talu Oli yang juga merupakan mahasiswa dari Kecamatan  Katikutana tersebut mengucapkan limpah terima kasih kepada senior-senior IKST yang sudah memberi perhatian kepadanya dan rekan-rekan mahasiswa.
Ia juga berharap agar rasa kebersamaan antara senior IKST dan mahasiswa sebagai kaka dan adik dapat terus terjalin dengan baik.
Adapun 5 OKP dimaksud adalah HIPKATAS dari Kecamatan Katiku Tana Selatan, KSN dari Kecamatan Katiku Tana, HIPMUR dari Kecamatan Umbu Ratunggay, GEMURAB dari Kecamatan Umbu Rstunggay Barat dan KOMPAK dari Kecamatan Mamboro. (Samuel Padakama)