Beranda Berita Kota Kadinkes Domi Mere: 712 Warga Kota Kupang Terkonfirmasi Kontak Fisik dengan Pasien...

Kadinkes Domi Mere: 712 Warga Kota Kupang Terkonfirmasi Kontak Fisik dengan Pasien Positif Covid-19

144
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Dominikus Minggu Mere, M.Kes mengatakan, dari hasil penelusuran yang dilakukan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang, ditemukan sekitar 712 warga Kota Kupang yang berinteraksi langsung dengan pasien terkonfirmasi positif Covid-19.
Hal ini disampaikan Kadis Kesehatan Provinsi NTT, Domi Mere kepada wartawan di depan Kantor Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Jumat (22/5/2020) malam.
Dikatakan Dr. Domi Mere, kondisi ini menunjukan bahwa jumlah kasus Covid-19 di Kota Kupang dan Provinsi NTT akan terus meningkat.
“Kalau kita melihat dari data yang ada, kemungkinan kasus positif Covid-19 akan terus bertambah kedepannya,” ujarnya.
Untuk meredam terjadinya transmisi lokal yang bakal menambah jumlah kasus Covid-19 di Kota Kupang maka, Kadis Domi Mere mengatakan, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang untuk terus menerus melakukan penelusuran.
Sebelumnya telah diketahui, para pasien positif Covid-19 menyebar di empat (4) Kelurahan di Kota Kupang. “Mereka ada di Kelurahan Nunleu, Tuak Daun Merah, Oesapa dan Kuanino. Kita juga meminta Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang untuk menelusuri wilayah terkait lainnya,” sebut kadis Domi.
Kepada masyarakat umum, Kadis Domi Mere kembali mengingatkan agar tetap mematuhi protokoler kesehatan yang telah ditetapkan Pemerintah agar bisa terhindar dari transmisi lokal penyebaran pandemic Covid-19.
Untuk diketahui, setelah dua hari lalu diumumkan ada 79 kasus positif Covid-19 di NTT, hari ini Jumat (22/5/2020) jumlah kasus meningkat menjadi 82 kasus setelah ada penambahan 3 kasus.
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. Dominikus Minggu Mere kepada wartawan di Kupang, Jumat (22/5/2020) mengatakan, tiga kasus terkonfirmasi positif itu setelah ada dua (2) kasus dari Kota Kupang dilaporkan positif Covid-19 setelah dilakukan pemeriksaan sampel swab di Laboratorium Biomolekular RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. Satu (1) pasien lainnya terkonfirmasi positif dari Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS).
Dijelaskan Kadis Domi Mere, dua pasien positif Covid-19 di Kota Kupang merupakan transmisi lokal dan satu dari Kabupaten Timor Tengah Selatan berasal dari klaster Magetan.
“Untuk dua (2) di Kota Kupang transmisi lokal dan berhubungan erat dengan pasien yang sudah meninggal dunia. Sementara satu (1) orang di TTS masih kategori anak, usianya 17 tahun. Dengan bertambahnya jumlah kasus pasien positif Covid-19 ini, maka total pasien positif di NTT menjadi 82 kasus,” kata Domi Mere. (MD/Tim RN)