Beranda COVID-19 Tim Gugus Tugas Covid-19 Beri Edukasi dan Bagi Masker di Katewel

Tim Gugus Tugas Covid-19 Beri Edukasi dan Bagi Masker di Katewel

132
0
TAMBOLAKA, RANAKA-NEWS.com – Tim gugus percepatan penanggulangan Covid-19 tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) melaksanakan kegiatan edukasi, pemberian masker dan pemeriksaan suhu tubuh di Kampung Katewel, Desa Letekonda, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Jumat, (22/5/2020).
Dalam arahnnya Plt. Kadis Kominfo SBD, Yohanes Fren Tuka mengatakan Coronavirus atau Covid-19 melanda seluruh dunia termasuk Indonesia, lebih khususnya kita di Kabupaten SBD harus tetap waspada.
Kata Fren Tuka, di Sumba sudah ada satu (1) kabupaten yang tertular atau terpapar Covid-19 yaitu Kabupaten Sumba Timur dengan jumlah sebanyak 7 orang. Untuk itu kami datang disini, tim gabungan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 tingkat Kabupaten SBD untuk memberikan edukasi dan pemahaman kepada bapak/ibu untuk dapat mencegah dan  memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di Kabupaten SBD yang kita cintai bersama tidak ada yang terkena Covid-19.
“Kita berdoa Insya Allah kita dibebaskan dari Coronavirus ini apalagi di bulan puasa ini, kita sama-sama beribadah, kita berdoa bersama, bekerja sama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di ‘Tana Loda Wee Maringgi Pada Wee Malala’ yang kita cintai bersama, khususnya di Desa Letekonda lebih khususnya lagi di Kampung Katewel,” katanya.
Fren Tuka juga menjelaskan tugas memutus mata rantai penyebaran Covid-19 bukan hanya tugas kami tetapi adalah tugas dan tanggungjawab kita bersama, mari kita ikuti himbauan pemerintah, ikuti protokol kesehatan, selalu pake masker, selalu cuci tangan, selalu jaga jarak jangan sering berkumpul dalam jumlah orang yang banyak. Langkah-langkah ini semua sederhana.
Lebih lanjut Fren mengatakan tindakan-tindakan yang kita akan lakukan, tim akan memeriksa suhu tubuh bapak/ibu, apakah suhu tubuh kita normal atau tidak, apakah suhu kita teridentifikasi atau tidak. Kita akan periksa satu persatu.
“Daerah Katewel adalah daerah pesisir, banyak perahu disini dan Katewel adalah pelabuhan rakyat, kita harus perketat penjagaan orang yang masuk keluar dan juga kita akan membagikan masker,” jelasnya.
Atas nama pemerintah, tim Gugus Kabupaten SBD mengharapkan kepada Bapak/Ibu agar selalu waspada dan menjaga diri, selalu ikuti himbauan pemerintah dan protokol kesehatan segala kemungkinan berkaitan dengan kedatangan orang.
Pantaun media kegiatan ini berjalan lancar dan aman serta partisipasi masyarakat begitu tinggi dengan keikitsertaan dalam pemeriksaan suhu tubuh. Tim gabungan gugus tugas yang terdiri atas beberapa OPD dan TNI/Polri tampak memberikan pemahaman dan himbauan pada masyarakat di Katewel serta membagikan masker. (EB)