Beranda Hukum Kriminal Tak Hiraukan Surat Audiensi APPMB, Kantor Desa Buangin Disegel

Tak Hiraukan Surat Audiensi APPMB, Kantor Desa Buangin Disegel

365
0
MAKASSAR, RANAKA-NEWS.com – Sekelompok pemuda yang mengatasnamakan Aliansi Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Buangin (APPMB) menyegel Kantor Desa Buangin, Kecamatan Rantebulahan Timur, Kabupaten Mamasa Provinsi Sulawesi Barat, Kamis (28/5/2020).
 “Aksi ini sebagai bentuk kekesalan terhadap Kepala Desa dan Ketua Badan Pengawas Desa (BPD) yang dikirimi surat untuk melakukan audiensi namun Kepala Desa dan ketua BPD tidak hadir untuk menemui kami,” ujar Masri Sugiarto Dm Koordinator APPMB, kepada Ranaka-News.com, (28/05).
Sejumlah pemuda tersebut membawa Balok dan memalang pintu utama Kantor Desa, karena mereka menuding bahwa Kepala Desa tidak transparan mengelola anggaran dan ada kegiatan yang tidak selesai dikerjakan pada tahun 2019.
“Maksud persoalannya mengenai transparansi anggaran dana desa tahun 2019 itu ada beberapa kegiatan yang kami duga memang tidak terasa dan selesai serta gaji aparat desa hingga hari ini belum juga dibayar sampai sekarang,” ungkapnya dengan nada kesal.
Lanjut Masri, bahwa kami meminta inspektorat Kabupaten Mamasa turun langsung ke lapangan untuk meninjau semua kegiatan di Desa Buangin yang menggunakan anggaran 2019 dan kami juga tidak akan membuka penyegelan sebelum inspektorat turun langsung melihat apa yang terjadi di lapangan.
“Dan juga kami meminta inspektorat Kabupaten Mamasa turun meninjau langsung di lapangan terkait dugaan kami dan juga kami tidak akan membuka penyegelan kantor desa selama inspektorat tidak turun langsung meninjau di lapangan,” tegasnya.
Adapun 3 tuntutan Aliansi Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Buangin (APPMB), yakni;
1. Kami meminta Kepala Desa untuk menyelesaikan segala pekerjaan yang belum selesai.
2. Kami ingin melihat juga eksistensi Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) hadir saat ini juga apalagi dalam situasi pandemik agar mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat.
3. Gaji aparat desa segera dibayarkan.
“Kami berharap segala persoalan segera diselesaikan dan kemudian Kepala Desa dan Ketua BPD semakin memahami sebagaimana fungsinya,” tutupnya.
Hingga berita ini dinaikan, media masih mencoba menghubungi Kepala Desa dan Ketua BPD Desa Buangin. (Markus Kari)