Beranda COVID-19 Peduli Covid 19, 26 Relawan Muda Desa Belang Turi Perketatkan Posko di Pintu...

Peduli Covid 19, 26 Relawan Muda Desa Belang Turi Perketatkan Posko di Pintu Masuk

345
0
RUTENG, RANAKA-NEWS.com – Demi mencegah dan memutus mata rantai penyebaran Coronavirus (Covid-19) di wilayah Desa Belang Turi, Kecamatan Ruteng, Kabupaten Manggarai. Sebanyak 26 orang relawan Covid-19 Desa Belang Turi setia untuk memperketat posko wilayah masuk desa terkusus bagi pelaku perjalanan, Selasa (2/6/2020).
Heribertus Candra selaku ketua relawan muda Desa Belang Turi kepada Ranaka-News.com mengatakan relawan penanganan Covid-19 Desa Belang Turi itu dibentuk dari bulan Maret 2020 ketika para tokoh kepemudaan dan tokoh masyarakat menyepakati untuk melakukan posko bersama di Desa Belang Turi.
Adapun kegiatan yang sudah terlaksana seperti sosialisasi tentang pandemi Covid-19 dan pembagian masker dan penyemprotan desinfektan di setiap rumah warga Desa Belang Turi dan di tempat fasilitas umum, seperti gereja, sekolah, postu dan kantor desa.
Heribertus yang biasa disapa Ecan itu juga mengatakan bahwa pembentukan relawan penanganan Covid-19 Desa Belang Turi merupakan bentuk kepededulian dari anak-anak muda Desa Belang Turi yang terdiri dari para guru, perawat, mahasiswa, juga dukungan dari toko adat serta pemerintah Desa Belang Turi.
Pandemi Covid-19 merupakan bencana global dan tentu merambat semua manusia tanpa terkecuali, jadi kita terpanggil untuk bentuk aksi kemanusiaan dengan kegiatan kelompok relawan penanganan Covid-19 dan lebih khusus kita mau menyelamatkan masyarakat di Desa Belang Turi, karena pandemi Covid-19 merupakan musuh kita bersama.
Dijelaskannya, pelaku perjalanan yang sudah terdata selama 16 hari sampai saat ini sebanyak 1.300 orang. Pelaku perjalanan dari zona merah, langsung diarahkan untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing dan di posko kami melakukan pengecekan suhu tubuh dan mengarahkan untuk selalu pakai masker juga mencuci tangan saat masuk Desa Belang Turi.
Ecan juga berharap agar Tim Gugus Kabupaten Manggarai untuk bisa memperhatikan segala aktivitas diposko Desa Belang Turi dan bisa bersinergi bersama dalam memutus mata rantai Covid-19 ini.
Kepala Desa Belang Turi, Elias Janggur ketika dimintai keterangan oleh Ranaka-News.com, dirinya mengapresisasi atas aksi kemanusian dari teman-teman muda Desa Belang Turi.
“Bahwa tim relawan penanganan Covid-19 memang pekerjaan yang sangat mulia terhadap masyarakat di Desa Belang Turi,” katanya, menambahkan “Mereka tidak menuntut apa-apa dari pemerintah desa tetapi kami sebagai pemerintah desa tentu mengapresiasi atas semangat anak-anak muda sehingga bentuk kepedulian itu juga kami memberikan dukungan dan hal-hal lain untuk meningkatkan aktivitas mereka. (Yhono Hande)