Beranda Daerah Pentingnya Budaya Membaca untuk Kemajuan Bangsa

Pentingnya Budaya Membaca untuk Kemajuan Bangsa

163
0
LARANTUKA, RANAKA-NEWS.com- Ditengah maraknya Covid-19 menyerang seantero dunia yang membuat aktivitas belajar formal akhirnya tertunda. Komunitas Baca Masdewa Watololong menggagas untuk diadakan baca bersama, Desa Watololong, 4 Juni 2020.
Ketua Penggagas Komunitas Baca Masdewa Watololong, Agustinus Puru Bebe,S.Pd inisiatif berdirinya Komunitas Baca Masdewa ini terbentuk beranjak dari rasa keprihatinan bahwa di era teknologi saat ini, budaya baca yang semakin tergerus. Dan juga generasi saat ini lebih memanfaatkan media lain untuk mencari informasi.
Lanjut eks Ketua Masdewa Kupang, Agustinus, “kami membentuk Komunitas ini sebagai wadah untuk menanamkan budaya baca sejak dini agar menjadi modal generasi saat ini untuk mencari dan menggali informasi lewat membaca buku,”katanya.
Hal senada disampaikan sekretaris Komunitas Baca, David Nara Bolen, “keprihatinan saya berawal dari melihat di zaman sekarang yang dimana budaya baca semakin memudar bahkan hilang. Maka dari itu timbullah inisiatif dari kami untuk mambentuk sebuah wadah agar bisa menimbulkan minat baca bagi para pelajar mulai dari usia dini, sehingga budaya baca jangan sampai hilang dari kehidupan kita sehari-hari,”ungkap David.
Lanjutnya, kami juga ingin menyadarkan para pelajar tentang pentingnya membaca serta manfaat dari membaca untuk kehidupan mereka di massa yang akan datang,”tambah¬† David Nara, lulusan UNIKA itu.
Sementara itu, Yohanes Don Bosko, S.Pd salah satu Pendiri Komunitas Baca Masdewa mengungkapkan “keprihatinan saya berawal dari maraknya virus Corona sehingga semua sekolah di tutup dan semua siswa di wajibkan belajar di rumah, sedangkan masih ada siswa yang tidak memanfaatkan waktunya dengan baik untuk membaca buku-bukunya,” imbuh Yohanes.
Lanjut eks Ketua Orang Muda Katolik Stasi St. Fransiskus Watololong, Yohanes Don Bosko “Kami membentuk komunitas baca ini untuk meningkatkan minat baca, sehingga semua pengetahuan yang mereka pelajari selama ini tidak hilang begitu saja. Membaca itu penting. Wawasan semakin luas, ilmu pengetahuan akan bertambah,” ujar Yohanes.
Felixianus Lamapaha, salah satu anggota Komunitas Baca Masdewa mengungkapkan “saya karna adanya komunitas membaca, maka dapat membatu saya mengenal masa depan serta membatu mencerdaskan akal dan pikiran kita. Dan lewat membaca buku maka banyak ilmu dan pengetahuhan yang kita dapatkan,”tandasnya.
Komunitas Baca Masdewa Kupang melaksanakan aktifitas baca tiga kali seminggu yang bertempat di sekret Komunitas Baca Masdewa.(Vallo)