Beranda COVID-19 Di Kota Kupang Sepasang Suami Istri Positif Coronavirus, NTT menjadi 103 Orang.

Di Kota Kupang Sepasang Suami Istri Positif Coronavirus, NTT menjadi 103 Orang.

236
0
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT, Dr. drg. Dominikus Minggu Mere.
KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan Provinsi Nusa  Tengara Timur (NTT), Dr.drg. Dominikus Minggu Mere, M.Kes mengumumkan, berdasarkan hasil pemeriksaan 48 sampel Swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD Prof. Dr. W.Z.Yohannes Kupang, pada Sabtu, 6 Juni 2020, terdapat tambahan dua pasien positif Covid-19 yang merupakan sepasang suami istri di Kota Kupang.
“Hari ini, ada 48 sampel Swab yang diperiksa, dan terkonfirmasi dua diantaranya positif Covid-19 yang merupakan suami istri dari Kota Kupang,” sebut Kadis Domi Mere kepada wartawan di Kupang, Sabtu (6/5/2020).
Dikatakannya, dua pasien terkonfirmasi positif Covid-19 itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah terpapar Covid-19, sehingga mereka merupakan transmisi lokal. “Kita sudah lakukan koordinasi dengan Gugus Tugas Covid-19 Kota Kupang untuk melakukan penelususran,” ujar Domi Mere.
Kadis Domi Mere mengatakan, kedua pasien yang merupakan pasangan suami istri di Kota Kupang itu belum diketahui dari kelurahan mana. “Masih dilakukan penelusuran, dari kelurahan mana,” ujarnya ketika ditanya wartawan.
Ia menyebut , 48 Swab yang diperiksa itu selain merupakan kiriman dari Kota Kupang, juga dikirim dari Kabupaten Ende, Kabupaten Manggarai Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya. “Ada juga dua pasien dari Ende yang dinyatakan sembuh yang merupakan klaster Gowa,”katanya.
Dengan bertambahnya dua positif Covid-19, maka jumlah kasus positif Covid-19 menjadi 103 kasus, dan 30 diantaranya dinyatakan sembuh, sisa 72 yang masih dan akan terus menjalani perawatan di sejumlah Rumah Sakit di NTT.
Kadis Domi Mere merincikan penyebaran kasus positif di NTT yakni, di Kota Kupang 29 kasus, sembuh 12 orang, saat ini 16 orang sedang dirawat , dan satu diantaranya meninggal dunia.
Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sebanyak empat (4) kasus, sembuh tiga (3) orang. Kabupaten Sikka 27 kasus, sembuh 6 orang, Kabupaten Manggarai Barat 15 kasus, yang sembuh 4 orang. Kabupaten Sumba Timur, delapan (8) kasus dan yang sembuh 2 orang. Kabupaten  Ende 12 kasus, sembuh 2 orang. Kabupaten Nagekeo, tiga (3) kasus, Kabupaten Flores Timur 2 kasus, Kabupaten Rote Ndao dua (2) kasus, sembuh satu (1) orang, dan Kabupaten Manggarai  satu (1) kasus.
Sedangkan jumlah kasus positif  Covid-19  di NTT berdasarkan sebaran  klaster adalah Klaster  KM Lambelu sebanyak 24 kasus, Klaster Gowa 24 kasus, Transmisi Lokal 25 kasus, Klaster Suka Bumi 11 kasus Klaster STT Jakarta delapan (8) kasus, Klaster Papua 2 kasus, dan Klaster Yogyakarta satu (1) kasus. (MD/Tim)