Beranda Berita Kota Kornelis Seran Nahak : Kelulusan SMPK Giovanni Kupang Tahun Ini 100 Persen

Kornelis Seran Nahak : Kelulusan SMPK Giovanni Kupang Tahun Ini 100 Persen

253
0
Kepala Sekolah SMPK Giovanni Kupang, Kornelis Seran Nahak, S.Pd., M.Hum
KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Tepat hari Jumat 5 Juni 2020, seluruh siswa-siswi kelas IX jenjang Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Giovanni Kupang mendengar kabar kelulusan.
“Usai sudah perjalanan siswa-siswi kelas IX di jenjang Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) Giovanni Kupang tahun ini,” ungkap Kornelis Seran Nahak, S.Pd.,M.Hum.
Kepada media Ranaka-News.com, Kepala Sekolah Menegah Pertama Katolik (SMPK) Giovanni Kupang, Kornelis Seran Nahak, S.Pd.,M.Hum mengatakan selama kurang lebih tiga bulan menjalani proses belajar di rumah karena Pandemik Covid-19, akhirnya tiba saatnya bagi mereka untuk melepas seragam Putih Biru.
“Tiga (3) bulan lebih siswa melakukan proses belajar dari rumah. Pengumuman kelulusannya, sebanyak 98 siswa kelas IX dinyatakan lulus,” tuturnya.
Lanjutnya sistem pengumuman kelulusan tahun ini berbeda, pengumuman kelulusan siswa dilakukan lawat website pribadi masing-masing sekolah.
“Sistem pengumuman kelulusan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika tahun sebelumnya pengumuman dilakukan di sekolah, maka tahun ini pengumuman dilakukan lewat website sekolah masing-masing,” ungkap Kornelis, Sabtu (6/6/2020).
Dikatakannya ujian periode 2019/2020 untuk SMPK Giovanni Kupang, semuanya sudah disiapkan secara matang dan semuanya sudah fix termasuk jadwal Ujian Sekolah (US) dan Ujian Nasional (UN), tinggal menunggu waktu pelaksanaannya tapi pandemik Covid-19 membuyarkan semuanya.
Secara akademik, penilaian diatas kertas, “Kita mengakumulasikan nilai Rapor semester satu (1) sampai semester lima (5) untuk menjadi nilai US. Tiga komponen penilaian misalnya, Akademik, Kognitif, dan Aspek Afektif pada sifat karakter dan perilaku,” terang Kepsek Kornelis Nahak.
Aspek Afektif pada sifat karakter atau akhlak siswa menjadi hal utama, kata Kepsek. Karena prinsipnya, “Kita tidak saja membentuk anak untuk menjadi pintar, tapi untuk menjadi orang yang baik di tengah masyarakat nantinya. Dengan demikian hal kecerdasan yang dipacu adalah kecerdasan emosional, spiritual dan akademik,” jelas Kornelis.
Diakhir wawancara Via WhatsApp, Kepsek Kornelis Nahak mengucapkan sangat bersyukur bahwa walaupun dalam masa pandemi Covid -19 ini, ke-98 siswanya mampu memperoleh kelulusan.
“Selamat kepada siswa yang sudah lulus dan saya mengharapkan semua siswa dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang berikut,” ujar Kepsek Nahak, menambahkan, “Dan kepada orangtua siswa dan pihak sekolah diharapkan kerjasama yang baik dalam mengawasi anak-anak agar tetap belajar dari rumah dan jaga kesehatan serta ikuti protokol kesehatan”. (MD)