Beranda COVID-19 Respon Covid-19, Save the Children Sumba Serahkan Paket APD dan WASH Kepada BPBD

Respon Covid-19, Save the Children Sumba Serahkan Paket APD dan WASH Kepada BPBD

166
0
WAIKABUBAK, RANAKA-NEWS.com – Save The Children Sumba menyerahkan paket bantuan Alat Pelindung Diri (APD) dan Paket WASH (Water and Sanitation Hygene) kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sumba Barat.
Penyerahan paket bantuan respon Covid-19 ini dilakukan oleh Sponsorship Program Manager Save the Children Sumba, David Wala, kepada Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang juga Wakil Sekretaris Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Barat, Ir. Yanis E.L.Chr Loebaloe, M.Si, pada Selasa (9/6/2020) di teras Kantor BPBD Sumba Barat.
Penyerahan paket bantuan ini disaksikan langsung oleh Asisten 1 Setda Sumba Barat, Drs. Imanuel Mesakh Anie, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan, Drg. Bonar B.Sinaga, M.Kes dan Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos.
Usai penyerahan paket bantuan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara serah terima bantuan. Yang diserahkan pada kesempatan tersebut adalah Paket APD, sedangkan untuk Paket WASH untuk LKSA (Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak) atau Panti Asuhan didistribusi langsung oleh Save the Children kepada 7 LKSA di Sumba Barat.
Penyerahan paket untuk LKSA ditandai dengan penyerahan paket oleh David Wala dari Save the Children kepada Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumba Barat, Semuel Dato Mesa, S.Sos, dan selanjutnya dari Kepala Dinas Sosial diserahkan kepada Pimpinan LKSA Ora Et Labora.
Ketujuh LKSA dimaksud adalah Santo Yoseph, Nafiri Sion, Bhakti Luhur Putra, Bhakti Luhur Putri, Global Obor Indonesia, Mercy Indonesia dan Ora Et Labora. Setiap anak dan pengasuh dari 7 LKSA masing-masing diberikan 2 buah masker dan 3 buah sabun. Selain itu di setiap LKSA juga diberikan ember dan sabun cair. Bantuan ini diberikan berdasarkan data yang diberikan pihak LKSA sebelumnya. Jumlah anak yang menjadi sasaran bantuan sebanyak laki 77 orang dan anak perempuan 134 orang serta pengasuh 26 orang.
Kepala BPBD Kabupaten Sumba Barat, Ir. Yanis E.L.Chr Loebaloe, M.Si, usai menerima paket bantuan menyampaikan terima kasih atas dukungan Save The Children. Ia berharap dukungan membantu para tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 serta bisa membantu anak-anak untuk melindungi diri untuk mencegah penularan Covid-19.
Di tempat yang sama, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Barat, Drg. Bonar B. Sinaga, M.Kes, atas nama pemerintah daerah ia menyampaikan terima kasih berlimpah kepada Save The Children yang terus membantu pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumba Barat.
Sejak awal Covid-19 ini terjadi, kata Kepala Dinas Kesehatan, pihak Save the Children sudah merespon dengan cepat dengan turun ke lapangan melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 serta berbagai kegiatan lainnya.
Hal sama juga dikemukakan Asisten 1 Setda Sumba Barat, Drs. Imanuel Mesakh Anie, M.Si, di sela-sela penyerahan paket bantuan tersebut. Dikatakannya, peran Save the Children dalam merespon bencana sudah sejak lama seperti pada saat respon bencana El Nino beberapa tahun sebelumnya.
Sebelumnya, saat menyerahkan bantuan untuk LKSA di LKSA Ora Et Labora, Sponsorship Program Manager, David Wala, mengemukakan, bantuan yang diberikan sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah dan masyarakat agar mencegah penularan Covid-19. Selain paket bantuan yang diberikan, pihaknya juga mengadaptasi semua program untuk merespon Covid-19.
Sementara itu, Advocacy Coordinator Save The Children Sumba, menyampaikan, selain paket yang diserahkan pihaknya juga akan mendistribusikan bantuan Paket WASH kepada Posyandu, Puskesmas, PAUD, SD dan SMP. Bukti penyerahan bantuan yang sudah ditanda-tangani nanti akan diserahkan kepada Kantor BPBD Kabupaten Sumba Barat sebagai bentuk laporan.
Jenis Paket Bantuan APD untuk Rumah Sakit :
1. Surgical Mask 3 Ply @50 pcs/box: 50 box
2. KN95 Mask 3M @50 pcs/box: 10 box
3. Face Shield: 30 box
4. Shoe Cover @50 pair/box: 20 box
5. Hand Gloves @100 pair/box; 20 box
6. Head Cover @100 pcs/box; 20 box. (YB)