Beranda Daerah Klarifikasi Terkait Surat Pj Kades Lante yang Lagi Viral di Medsos

Klarifikasi Terkait Surat Pj Kades Lante yang Lagi Viral di Medsos

539
0
Surat Pemberitahuan dan Undangan dari Pj. Kades Lante Kepada Masyarakat Desa Lante Penerima BLT (Foto : Dari Grup Aplikasi Pesan WA)
RUTENG, RANAKA-NEWS.com – Surat yang dikeluarkan oleh Pj. Kades Lante tertanggal Jumat, 12 Juni 2020 prihal pemberitahuan dan undangan kepada penerima bantuan penanggulangan Covid-19 dari sumber Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2020, menjadi bahan diskusi khalayak ramai di Medsos.
Surat tersebut menjadi viral, setelah ada penegasan dari Pj. Kades Lante yang bunyinya “Berhubung dalam penyalurannya akan dihadiri oleh Bapak Bupati dan rombongan dari Kabupaten (SKPD) maka kami mohon sumbangan/partisipasi dari peserta KPM mengumpulkan sumbangan Rp100.000/KPM dalam rangka kunjungan tersebut”.

 

Surat Pemberitahuan dan Undangan dari Pj. Kades Lante kepada masyarakat Desa Lante Penerima BLT (Foto : Grup Aplikasi Pesan WA)

Klarifikasi Humas Pemda Manggarai

Sebelum Kunjungan Bupati Manggarai ke Kecamatan Reok Barat, Camat Reok Barat mendapatkan laporan dari masyarakat Desa Lante terkait surat undangan Pj. Kades Lante kepada setiap KK penerima BLT yang salah satu bunyi/isi surat yaitu adanya pengumpulan uang dengan nominal Rp100.000 (Seratus Ribu Rupiah) kepada setiap KK Penerima BLT yang berjumlah 91 KK.
Terkait pengumpulan tersebut, sifatnya secara sukarela tanpa paksaan. Dan rencana Pengumpulan uang dilaksanakan pada hari Jumat, 12 Juni saat pembagian/penerimaan BLT berlangsung.
Camat Reok Barat pun memberikan teguran keras kepada Pj. Kades Lante. Hal itu diperkuat dengan larangan dari Camat Reok Barat kepada 91 KK penerima BLT sehari sebelumnya. Maka, pengumpulan uang dari  masyarakat penerima BLT Desa Lante tidak jadi dilaksanakan pada saat pembagian BLT.
Masyarakat Penerima BLT yg berjumlah 91 KK tidak ada seorang pun yg mengumpulkan uang sebagaimana yg tertera dalam surat undangan sebanyak Rp100.000/KK.
Bahwasannya atas insiden tersebut, Pj. Kades Lante akan mendapatkan Pembinaan sesuai aturan yang berlaku.

Sumber : Press Release Humas Pemda Manggarai

Editor : Vincent Ngara