Beranda Daerah Bertambah Satu PDP Meninggal di BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng

Bertambah Satu PDP Meninggal di BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng

235
0
BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng (Foto : Google Images)
RUTENG, RANAKA-NEWS.com – Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai mengabarkan 1 (satu) Pasien Dalam Pengawasan (PDP) telah meninggal dunia di BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Jumat (19/06/2020).
Baca Juga : Pemkab Manggarai Hadiri Pembagian BLT-DD di Desa Belang Turi
Press Release yang diterima ranaka-news.com, jubir Ludovikus D. Moa menjelaskan, Pada hari Kamis, 18 Juni 2020 salah seorang PDP inisial NYL (19 Thn) berjenis kelamin perempuan asal Kelurahan Satartacik, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai meninggal dunia di Ruang Perawatan Isolasi BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng. Selanjutnya, jenazahnya pun telah dikuburkan sesuai Protokol Covid-19.
Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Manggarai, Lodovikus D. Moa, S.Kep.,M.Sc (Foto : Dokumen ranaka-news.com)
Ia juga menjelaskan bahwa PDP NYL sebelum meninggal dunia, masuk RSUD dr. Ben Mboi pada hari Rabu, 17 Juni 2020 dengan manifestasi klinis menyerupai tanda dan gejala Covid-19.
“Sesuai protokol, status NYL langsung ditetapkan sebagai PDP atau Pasien dalam Pengawasan, dan mendapatkan perawatan secara intensif oleh tim medis di Ruang Perawatan Isolasi RSUD dr. Ben Mboi Ruteng,” katanya.
“NYL merupakan salah satu pekerja salon di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat. Yang bersangkutan sudah 2 (dua) bulan berdomisili di Labuan Bajo, dan baru tiba di Ruteng pada 3 (tiga) hari yang lalu. Sebelum dirinya memutuskan untuk kembali ke Ruteng, selama berada di Labuan Bajo, NYL sempat mengalami gejala demam dan pernah berobat di salah satu Puskesmas di Labuan Bajo,” tuturnya.
“NYL pulang ke Ruteng dalam kondisi sakit. Sesampainya dirumah, demamnya berlanjut disertai sesak napas, karena demam dan sesak napas bertambah berat, keluarga memutuskan untuk membawa NYL untuk berobat dan dirawat di BLUD RSUD dr. Ben Mboi Ruteng,” lanjutnya lagi.
Baca Juga : Pemkot Kupang Tidak Pernah Bongkar Rumah Milik Warga Lasiana
Jubir Lodi Moa pun menambahkan menyusul penetapan status PDP terhadap NYL oleh pihak BLUD RSUD dr. Ben Mboi, maka akan dilakukan kontak tracing dan rapid test kepada pihak-pihak yang tinggal serumah dengan NYL.
“Rapid test juga telah dilakukan terhadap PDP NYL, menunjukkan hasil negatif. Selanjutnya, akan dilakukan kontak tracing dan rapit test kepada pihak-pihak yang tinggal serumah dengan NYL,” jelasnya. “Untuk memastikan apakah PDP NYL yang telah meninggal dunia tersebut positif Covid-19 atau tidak?, SWAB-nya telah diambil dan akan segera dikirim ke laboratorium untuk diperiksa,” terangnya.
Baca Juga : Danrem 161/Wira Sakti bersama Unsur Forkopimda Provinsi NTT, Sambut Dua Menteri
Diketahui, hingga Kamis (18/06/2020) pukul 18.00 Wita, potret monitor harian Covid-19 Kabupaten Manggarai adalah sebagai berikut :
  • Pelaku perjalanan yang sudah diperiksa sejumlah 4101 orang, dan semuanya telah selesai menjalankan masa isolasi.
  • ODP 85 orang yakni dalam pemantauan 1 orang dan selesai pemantauan 84 orang.
  • PDP 0, PDP yang sembuh 2 orang, PDP yang meninggal dunia 2 orang.
  • OTG : 0
  • Positif Covid : 0

 

Laporan : Yhono Hande

Editor : Vincent Ngara