Beranda COVID-19 Bupati Manggarai Dampingi Pembagian BLT-DD Tahap III di Desa Gelong

Bupati Manggarai Dampingi Pembagian BLT-DD Tahap III di Desa Gelong

178
0
Bupati Manggarai, Dr. Kamelus Deno, SH., MH ketika mendampingi pembagian BLT-DD Tahap III di Desa Gelong, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai. (Foto : Yono Hande/ranaka-news.com)
RUTENG, RANAKA-NEWS.com – Pemerintah Desa (Pemdes) Gelong, Kecamatan Lelak, Kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap III ke-146 Kepala Keluarga, Jumat (26/6/2020).
Pantauan ranaka-news.com, pembagian BLT-DD tahap III (Tiga) berlangsung di Kantor Desa Gelong berjalan lancar dan aman serta mengikuti protokol kesehatan.

Pembagian BLT-DD tahap III tersebut di pimpin langsung oleh Bupati Manggarai, Dr. Kamelus Deno, SH.,MH beserta kepala desa dan pendamping desa yang ada di Kecamatan Lelak.
Bupati Deno menyampaikan bahwa, dengan adanya bantuan BLT-DD ini tidak terlepas dari proses yang sangat panjang, “jadi untuk Bapak dan Ibu yang hari ini telah menerima BLT, diharapkan gunakan uang itu untuk kebutuhan yang harus dipenuhi “neka hitu tibad seng, kole ho tong ga langsung isi kupon” (jangan sampai setelah terima ini uang sebentar langsung pulang maen judi atau kupon putih) itu tidak boleh,” tandasnya.

Bupati Deno juga mengatakan bahwa terlepas dari kehadirannya di depan masyarakat Gelong bukan saja hanya untuk pembagian BLT, tetapi juga untuk melakukan sosialisasi penerapan new normal di wilayah Kabupaten Manggarai.
“Masyarakat perlu tahu bahwa kehadiran saya hari ini bukan semata-mata hanya untuk melakukan pembagian BLT, untuk apa saya bagi-bagi ini BLT sementara sudah ada kepala desa. Namun, yang paling penting kehadiran saya selaku ketua gugus tugas tingkat Kabupaten Manggarai untuk terus melakukan sosialisasi terkait pandemi Covid-19 apalagi sekarang Manggarai sudah melakukaan penerapan new normal,” tutur Deno.
Lanjut Deno, new normal bukan berarti kita bebas sebebasnya, tetapi kita tetap jaga diri, dan tetap mengikuti protokol kesehatan misalnya jaga jarak, selalu mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer, sabun pembersih dan juga selalu memakai masker setiap keluar rumah.
Dikesempatan yang sama Penjabat Kepala Desa Gelong, Belasius Ngatu ketika dimintai keterangan oleh Ranaka-News.com, Belasius menyebut bahwa jumlah penerima sembako 136 KK, BST dari Kemsos 70 KK, BLT-DD Tahap III sebanyak 146 KK.
“Di Desa Gelong yang menerima BLT-DD sebanyak 146 KK, dari bantuan ini semuanya tepat sasaran dan tidak ada yang tumpang tindih serta semuanya memenuhi regulasi yaitu 35%,” kata Belasius, menambahkan “Dalam pembagian BLT hari ini pembagianya sudah memasuki tahap ke III dengan jumlah 87.600.000.
Ia juga berharap agar masyarakat yang sudah menerima bantuan ini agar digunakan untuk prioritas kebutuhan pokok.
“Masyarakat yang telah menerima bantuan hari ini diharapkan agar menggunakannya sesuai kebutuhan utama, khususnya dalam penanganan Covid-19 misalnya peningkatan kesehatan seperti gizi untuk menjaga kestabilan tubuh dalam menghadapi Covid-19,” tandas Belasius.
Salah satu penerima pemanfaat BLT-DD, Frederikus H. Jebarus (39) mengucapkan  terima kasih kepada seluruh pihak-pihak terkait bantuan BLT, terkhusus Pemerintah Manggarai.
“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada unsur-unsur pemerintah Bapak Bupati Deno atas bantuan ini, juga Bapak Kepala Desa Gelong. Uang ini nantinya akan saya gunakan untuk kebutuhan hidup dalam rumah tangga saya, mulai dari beli beras hingga kebutuhan dari anak-anak saya,” ungkapnya.
Turut hadir dalam kegiatan pembagian BLT-DD Tahap III ini, Kadis BPMD, Jubir Gugus Tugas Tugas Kabupaten Manggarai, Camat Lelak, Pendamping Desa, Pendamping Kecamatan, Bhabinkamtibmas Kecamatan Lelak, Bhabinsa, Para Linmas Desa, BPD serta unsur perangkat lainya. (YH)