Beranda Pendidikan Terkait Dana BOS, Ini Harapan Kadis P & K Kota Kupang

Terkait Dana BOS, Ini Harapan Kadis P & K Kota Kupang

220
0
Kepala Dinas P dan K Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami, M.Si (Foto : Thildis/ranaka-news.com)
KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kupang, Drs. Dumuliahi Djami, M.Si mengatakan, Realisasi pencairan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) untuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sudah mencairkan Dana BOS tahap I (satu) nya.
“Dana BOS tahap pertama itu, sudah kita selesaikan pencairan dananya di bulan Juni baik SD maupun SMP Negeri maupun Swasta. Sekarang di Bulan Juli, uang tahap II (dua) sudah masuk. Tinggal prosedurnya pertanggungjawaban sekolah mengenai keuangan di tahap I secara lengkap. Kami akan memberi rekomendasi untuk pencairan tahap II, kalau sekolah sudah memberikan  dan memasukan pertanggungjawaban terkait keuangan tahap pertama. Kalau sudah masuk kita siap cairkan untuk tahap II,” ungkap Dumul kepada wartawan media Ranaka-News.com diruang kerjanya, Senin (6/7/2020) siang.
Dijelaskannya bahwa Dana Bos ini, dana yang bersumber dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dananya diberikan kepada sekolah-sekolah dalam kerangka membangun mutu pendidikan di semua daerah termasuk di Kota Kupang.
Oleh karena itu, “Saya berharap kepada semua pihak khususnya kepala sekolah, guru-guru bisa memanfaatkan dana BOS ini sesuai dengan Rencana Kerja Sekolah (RKS) dan apapun peruntukannya dana itu dibelanjakan secara baik dan bertanggungjawab,” harap Dumul Djami.
“Ingat!, bahwa uang ini milik negara yang peruntukannya harus jelas berdasarkan petunjuk teknis BOS. Sehingga Dana Bos ini harus dipergunakan sebaik-baiknya dan dipertanggungjawabkan sebaik-baiknya. Dan terkhusus sekolah-sekolah yang berada di Kota Kupang, kepada kepala sekolah dan guru-guru, dana Bos ini harus digunakan dan diperuntukan untuk kepentingan anak-anak bangsa yang bersekolah,” tandas Djami. (MD)