Beranda Berita Kota Idul Adha, Jamaah Masjid Al Alaq Sembelih Enam Puluh Hewan Kurban

Idul Adha, Jamaah Masjid Al Alaq Sembelih Enam Puluh Hewan Kurban

354
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.com – Pada hari raya Idul Adha 1441 H 2020, seperti perayaan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini umat Muslim di Masjid Al Alaq Penkase Oeleta Kota Kupang menyembelih hewan kurban sebanyak 60 ekor hewan.
“Hewan kurban tersebut terdiri dari 18 ekor Sapi dan 42 ekor Kambing. Setelah disembelih, petugas membagikan daging kurban ke masyarakat dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan,” tandas Ketua Takmir Masjid Al Alaq, Drs. Ambyah, Sabtu (1/8/2020), di halaman Masjid Al Alaq.

Ia mengatakan, pada kurban tahun ini mengalami peningkatan jumlah jamaah masjid dan jumlah donator hewan kurban.
“Tahun ini pemotongan Sapi sebanyak 18 ekor dan Kambing sebanyak 42 ekor, dilaksanakan pada hari ini, Sabtu 1 Agustus 2020 dihalaman masjid Al Alaq dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan. Panitia mengharuskan pemegang kupon kurban harus bermasker dalam pembagian daging kurban dan tetap jaga jarak,” ungkap Ketua Takmir Masjid Al Alaq itu.
Ia menyebut bantuan hewan kurban tersebut berasal dari Bapak Gubernur 1 (satu) ekor,  jamaah yang ada, PLTU dan perorangan. Dibagikan kepada 800-san kepala keluarga, masing-masing mendapatkan daging sapi dan daging kambing.

“Hewan kurban yang disembelih ini dijamin sehat dan layak dikonsumsi. Terkait dengan pemotongan hewan ditengah pandemi Covid-19, pihak panitia tetap mengikuti protokoler kesehatan dengan jaga jarak dan mengenakan masker demi keselamatan bersama,” tandas Ambyah.
Sementara itu, Ketua Panitia Kurban, Abidin Aklis, SH membenarkan peningkatan jumlah penerima kurban masjid Al Alaq Penkase Oeleta untuk tahun 2020 ini mencapai 800 Kepala Keluarga, dengan kupon yang dibagikan panitia kurban kerumah masing-masing yang didata panitia.

Dikatakan Abidin bahwa, tahun 2020 hewan kurban sebanyak 60 ekor. Jumlah tersebut merupakan jumlah hewan kurban yang dilaporkan kepada pihak Masjid Al Alaq.
“Ada bantuan dari Bapak Gubernur dan pada Sabtu sore masih ada yang mengantar hewan kurban ke panitia Masjid Al Alaq yang daya tampungnya seribu jamaah,” ungkap Abidin.
Ketika ditanya apakah cukup 800 Kepala Keluarga yang dibagikan, Abidin menyatakan cukup dengan mengutamakan 800 pemilik kupon yang dipegang masing-masing KK, panitia bersikap kalau tidak lebih untuk pengurus panitia iklas walaupun hanya dapat kaki Kambing.
Ia menambahkan dalam pembagian daging kurban Masjid Al Alaq juga diawasi Aparat Kepolisian.
“Idul Adha di tengah pandemic Covid-19 mengingatkan kita akan pentingnya menerapkan protokoler kesehatan,” ujar Anggota DPRD Kota Kupang masa bakti 2014-2019 itu.
Ia berharap dengan Idul Adha ini umat Islam terutama bagi yang mampu dan dengan iklas mari kita berkurban dengan mengharapkan pahala dan ridho Allah SWT.
Karena menurut dia dengan berbagi kepada umat yang kurang mampu maka akan terpenuhi kebutuhan protein hewani bagi mereka.
Kepolisian Sektor Polsek Alak, Bripka Agus Mampu mengatakan, “dari kami kepolisian, dari kemarin ada yang salat Id. Kami dari kepolisian sudah menurunkan personil untuk menjaga dan mengamankan pelaksanaan salat id. Dan hari ini juga kami memantau agar pelaksanaan berjalan dengan baik dan lancar sesuai protokol kesehatan,” tandasnya.

Lanjut dia, “sejauh ini saya melihat semua berjalan dengan aman dan tertib,” tambahnya.
Ia berharap agar kedepannya panitia lebih koordinasi mengenai waktu. “Terutama di masa pandemi ini, agar kiranya tidak terjadi penumpukan dalam antrian seperti ini. Dan tentunya kita melihat ada beberapa memang yang belum memakai masker tapi kita himbau agar tetap menggunakan masker,” harap Bhabinkamtibmas Kelurahan Penkase Oeleta itu. (MK/Tim RN)

Komentar