Beranda Berita Kota SMPK St. Yoseph Kupang Tuangkan Ide-Ide dan Gagasan Dalam Bentuk Buletin Columba

SMPK St. Yoseph Kupang Tuangkan Ide-Ide dan Gagasan Dalam Bentuk Buletin Columba

96
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Kepala Sekolah Menengah Pertama Katolik (SMPK) St. Yoseph Naikoten Kupang, Romo Fransiscus Amandus Ninu, Pr. S.Fil mengatakan sebagai media para pelajar maupun pengajar untuk menuangkan ide-ide dan gagasan dalam bentuk tulisan yang sangat kreatif dan dan inspiratif dengan menerbitkan Buletin Columba.
Buletin Columba edisi kali ini mengambil tema, ‘Speksanyo Kreatif dan Selaras Zaman’. Tema ini mau mengangkat sebuah fakta bahwa sekolah haruslah menjadi sebuah tempat yang kreatif dan sesuai dengan perkembangan zaman sehingga semua orang yang berada di dalamnya, baik itu guru maupun murid, dapat belajar dan mengembangkan diri mereka.
“SMP Katolik St. Yoseph sebagai sebuah Lembaga  Pendidikan terus berkembang dari hari kehari menjadi sekolah yang kreatif  dan selaras zaman,” demikain ungkap Kepala SMPK St.Yoseph Naikoten Kupang , Romo fransiscus Amandus Ninu, Pr, S.Fil, diruang kerjanya Selasa (22/9/2020).
Dijelaskan  Romo Amandus bahwa kata Columba diambil dari bahasa latin yang berarti  Merpati. Burung Merpati  menyimbolkan Allah Roh Kudus sebagai inspirator utama bagi pengajar maupun pelajar di SMP Katolik St.Yoseph Naikoten untuk menulis dan mewartakan gagasan yang inspiratif dan Kreatif. Merpati juga melambangkan kebebasan dalam berkreasi sekaligus kesetiaan terhadap visi pewartaan kristiani.
“Columba digambarkan dalam Logo Buletin sebagai Roh Kudus yang menerangi setiap warga sekolah SMPK St.Yoseph Naikoten,” ujar Kepsek Romo Amandus.
Ia menyebut, ada sebuah pepatah Latin kuno yang bunyinya, Non Scholae Sed Vitae Discimus  Pepatah ini mengandung arti bahwa kita belajar bukan untuk sekolah, tetapi untuk hidup.
“Belajar adalah suatu proses menimba ilmu bagi setiap orang. Ilmu yang diperoleh ini kelak akan di gunakan di dalam kehidupan setiap hari. Bertolak dari kenyataan inilah maka kita dapat mengamini apa yang dikatakan pepatah Latin tersebut bahwa belajar memang bukan sekedar untuk sekolah tetapi untuk hidup,” ungkap Romo Amandus.
Lebih lanjut Ia mengatakan, Pepatah ini menjadi inspirasi kami untuk menerbitkan Buletin Columba kali ini.  Buletin ini menjadi media bagi para pelajar maupun pengajar di SMPK St.Yoseph Naikoten. Dengan adanya buletin ini juga, harapannya agar para pendidik maupun peserta didik dapat belajar berbagai banyak hal yang sangat berguna bagi kehidupan mereka.  “Jalan ini ditempuh agar mereka semua dapat menumbuhkembangkan minat dan bakat dalam hal menulis,” ujar Kepsek Romo Amandus.
“SMPK St.Yoseph sebagai sebuah Lembaga Pendidikan terus berkembang dari hari ke hari menjadi sekolah yang kreatif dan selaras zaman,” tambahnya.
Isi Buletin Columba tersebut, Tulisan Lomba;
1. Getar Dawai Sasando dan Nilai-Nilainya
2. Bagi Penguatan Karakter Generasi Muda
3.Tabungan untuk masa depanku yang lebih Bahagia
4. Mari Menabung untuk masa depan
5. Simpanan Pelajar.
6.Menabung bagi generasi Milenial.
Sementara Cerpennya;
1. Meraih Mimpi dan Indonesiaku
Puisi; 1. Labirin. 2.Halusinasi, 3. Aku, 4. Lonely, 5. Manusia.
Humor; 1. Akibat putus sekolah, 2.Berapa Lama, 3. Arti sebuah Foto, 4.Kalau Semua Sama, 5. Hanya sayang.(MD)