Beranda Pendidikan GEMADORA Kupang Lantik 21 Anggota Baru

GEMADORA Kupang Lantik 21 Anggota Baru

26
0
KUPANG, RANAKA- NEWS.com- Gerakan Mahasiswa Adonara Barat (GEMADORA) Kupang, semenjak resmi berdiri pada tanggal 13 Oktober 2018, cukup mendapat simpati dari sebagian mahasiswa. Buktinya pada proses penjaringan anggota baru tahun 2019/2020 kurang lebih  40-an mahasiswa yang mendaftar. Bertempat di Oematnunu Kupang Barat, Kamis (12/11/2020).
Ketua Panitia penyelenggara, Oktovianus Beda Paun menyampaikan bahwa sebagian besar peserta yang mendaftar berasal  dari Adonara Barat, dan juga berasal dari daerah lain, seperti: Malaka, Larantuka, Manggarai, Adonara Timur, Lembata dan Sumba.
Sedangkan yang lain tidak bisa dilantik karena belum sempat mengikuti proses pembinaan dan pendidikan seperti yang sudah dijadwalkan.  Kegiatan pembinaan dalam proses Perekrutan Anggota Baru (PAB)  dimulai pada tanggal 12-14 November 2020 di BUPER UCB Oematnunu Kupang Barat.

Selama dikarantina para calon anggota baru dibekali beragam pengetahuan/materi keorganisasian dan kepribadian baik teori maupun praktek antara lain: Selayang Pandang GEMADORA, pengenalan diri, manajemen konflik, dinamika kelompok, kesekretariatan, public speaking (debat, diskusi, pidato, teknik memimpin rapat). Rangkain kegiatan PAB ini berpuncak dengan pengikraran sumpah setia anggota dan pelantikan.
“Kegiatan PAB kali ini dibuat di lokasi agak berbeda seperti biasanya. Lokasinya kegiatan sekarang lumayan jauh dari tempat tinggal peserta. Adapun tujuannya yaitu untuk mempermudah proses karantina dan pembinaan bisa berjalan lebih efektif.  Selain itu tempat kegiatan ini memiliki sarana prasarana yang cukup memadai dalam memudahkan kegiatan pendampingan dan pembinaan,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua GEMADORA Kupang, Casirimus A.R Hurung dalam sambutannya  mengatakan bahwa, substansi dari rangkaian kegiatan PAB bertujuan untuk mengasah kemampuan peserta sesuai tema umum yang diusung tema ‘Dibina Untuk Menjadi  Kader Dan Dikaderkan  Menjadi Pemimpin’.
Pemimpin yang dimaksud menurutnya bukan pemimpin yang sekadar memimpin tetapi juga mampu mengorganisir.
“Untuk itu kemampuan berbicara dan bertindak seorang pemimpin juga harus dilatih. Mereka perlu dibekali dengan kemampuan-kemampuan seperti ini sehingga kelak ketika mereka menjadi seorang pemimpin baik di organisasi ini maupun di komunitas yang lebih besar paling tidak sudah memiliki kemampuan dasar. Proses pembinaan ini juga bukan berakhir selama 3 hari ini tetapi akan ditempah secara terus-menerus selama mereka masih menjadi anggota aktif GEMADORA,” kata Casirimus.
Hal senada disampaikan Ketua AMAPAI Lembata, Stefanus Gega Hali Making.
Menurut dia, anggota organisasi pada identitasnya adalah mahasiswa bukan sekadar sebagai agen of changes tetapi pemimpin masa depan.
“Menjadi seorang pemimpin selain dibekali kemampuan memimpin dan berorganisasi juga harus memiliki empat kecerdasan diri yaitu: kecerdasan intelektual, kecerdasan fiskly, kecerdasan emosi dan yang paling penting kecerdasan spiritual.
Pada kesempatan sama, Merkurius Hurat Niron sebagai perwakilan senior GEMADORA dalam sambutan menegaskan tentang semangat anggota GEMADORA untuk membesarkan wadah organisasi yang masih berumur belia ini.
Menurutnya walaupun kecil dan kadang disangsikan namun GEMADORA Kupang sudah menjadi wadah yang cukup baik dalam proses pembinaan para anggotanya. Ada banyak hal positif yang didapat dalam organisasi ini salah satunya adalah semangat persaudaraan.

Harapannya kepada anggota baru agar segala bekal pengetahuan dan praktek yang didapat selama kegiatan PAB dapat menumbuhkan GEMADORA ke arah yang lebih baik dengan semangat persaudaraan yang tetap solid.

Maxedis Lamawato sebagai perwakilan orangtua Adonara Barat Kupang menekankan pentingnya semangat perubahan karakter dan kepribadian dari mahasiswa yang mau bergabung dalam organisasi GEMADORA.
“Mahasiswa adalah agen of changes. Namun menjadi agen perubahan itu tidak mudah. Perubahan itu harus dimulai dari dalam diri anggota organisasi atau mahasiswa itu sendiri. Perubahan yang berkaitan dengan sikap dan karakter diri. Jika perubahan itu sudah ditanamkan pada diri sendiri maka tidak disangsikan akan mudah membawa perubahan pada kehidupan orang lain dan lingkungan sekitar dimana anggota organisasi itu berada. Mahasiswa atau anggota organisasi harus terlebih dahulu menjadi teladan yang baik antara satu dengan yang lainnya. Tumbuhkan perubahan diri seperti ini untuk kebaikan diri sendiri, organisasi GEMADORA, kebahagiaan keluarga dan kemajuan masyarakat dan bangsa,” pungkas mantan jurnalis Media Pendidikan Cakrawala NTT.
Rangkaian kegiatan PAB selama 3 ini ditutup secara resmi dengan penanggalan ID Card peserta baru dan pengetukan palu organisasi. (GEMADORA, dok)

 

Komentar