Beranda COVID-19 Cegah Coronavirus, Polres Sumba Barat Tak Keluarkan Izin Keramaian Pasola di Tiga...

Cegah Coronavirus, Polres Sumba Barat Tak Keluarkan Izin Keramaian Pasola di Tiga Kecamatan

21
0
Kapolres Sumba Barat, Irwan Arianto, S. I.K, MH
WAIKABUBAK, RANAKA-NEWS.com- Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K,MH menegaskan tidak akan menerbitkan ijin keramaian disaat Pasola Lamboya,Wanukaka dan Gaura, untuk pelaksanaan Ritual adatnya yang berkaitan dengan budaya ataupun adat Pasola tetap dilaksanakan dan atraksinya dilakukan secara simbolik, akan tetapi kerumunan massa yang bersifat menghadirkan banyak orang kami tidak ijinkan ataupun mobilisasi massa yang akan datang menonton kami tidak perbolehkan dikarenakan kita masih dalam masa prihatin akan terjadinya situasi Pandemi Covid-19 yang masih kita rasakan sampai dengan saat ini.
“Untuk meminimalisasi penyebaran virus corona, kami dari pihak kepolisian tidak memberikan izin keramaian kepada masyarakat saat pasola, sedangkan ritualnya tetap dilakukan untuk menghormati para leluhur serta tetap memperhatikan protokol kesehatan dan tidak ada kerumunan massa, hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ungkap Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto kepada media ini, Kamis (14/1/2021).
Menurutnya, Pasola merupakan tradisi dari tahun ke tahun, namun jika pihaknya memberikan ijin maka akan banyak massa yang akan berkumpul dan menimbulkan klaster-klaster baru Covid-19 di Sumba Barat. Intinya sekarang masih situasi pandemi Covid-19, agar kita dapat   memutus penyebaran Covid-19.
Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, juga mengimbau kepada masyakarat agar senantiasa mematuhi protokol kesehatan dan melakukan sosial distancing,” tandasnya. (YB)