Beranda Regional Pelatihan Kemahiran Berbicara Calon Iman Seminari Sto. Mikhael-Kupang

Pelatihan Kemahiran Berbicara Calon Iman Seminari Sto. Mikhael-Kupang

48
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Mengisi liburan semester, para frater KAK di seminari Tinggi Penfui menggelar kegiatan pelatihan public speaking selama dua hari (14-15/1-2021).
“Pelatihan ini bertujuan membentuk keterampilan dan kemahiran berbicara di depan umum pada para frater sebagai calon imam. Calon imam adalah calon public figur yang pada waktunya akan selalu tampil berbicara di depan umum sebagai pemimpin umat. Maka mereka harus dibekali dengan keterampilan ini agar kelak mampu melaksanakan tugas imamat, yaitu memimpin umat, menguduskan umat, dan mewartakan injil,” jelas Rm. Sipri Senda, sebagai salah satu instruktur dalam pelatihan ini.
Para frater KAK dibagi dalam empat kelompok yang terdiri dari frater tingkat 1 sampai 4. Sedangkan frater tingkat 5 dan 6 menjadi fasilitator mendampingi empat instruktur yaitu, Rm. Sipri Senda, Fr. Sintus Runesi, Fr. Veran Making dan Fr. Ignas Meol.
Dalam pelatihan ini, para frater digembleng dengan pemahaman dasar tentang public speaking dan pelatihan mempraktek berbagai model public speaking. Dalam proses ini, lebih ditekankan praktek ketimbang teori. Umumnya para frater telah memahami konsep public speaking sehingga dalam proses ini, para frater ditempa untuk langsung berbicara di depan umum. Semua peserta wajib berbicara. Baik dalam model diskusi, rapat, kata sambutan, maupun kotbah.
Dengan pelatihan ini, para frater semakin termotivasi untuk mengembangkan kemapuan public speaking dalam pelbagai forum.
Fr. Hendrik Naifio, salah seorang pendamping menilai bahwa dalam pelatihan dua hari ini kelihatan bahwa para frater memiliki kemampuan dasar public speaking sehingga tinggal dikembangkan saja.
“Kemampuan dasar sudah ada. Maka para frater hendaknya tekun mengembangkan kemampuan ini ke tingkat kemahiran. Kita memiliki banyak kesempatan di seminari ini untuk berbicara di depan umum. Misalnya kegiatan akademi unit maupun seminari. Mari kita gunakan setiap kesempatan yang ada,” ajak socius unit Ibrani ini. ( Fr. Ximenes)