Beranda Infrastruktur Presiden Jokowi Kunjungi Food Estate di Sumba Tengah

Presiden Jokowi Kunjungi Food Estate di Sumba Tengah

35
0
Presiden RI, Ir. Joko Widodo meninjau lahan yang akan dijadikan Foof Estate atau Lumbung Pangan baru di Desa Makatakeri, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah, Selasa (23/2/2021).
WAIBAKUL, RANAKA-NEWS.com- Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo didampingi oleh menteri PUPR Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D. mengunjungi kawasan Food Estate di Desa Makatakeri Kecamatan Katikutana Kabupaten Sumba Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (23/02/2021).
Turut hadir, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, S.H, M.H, Gubernur NTT Viktor Bungtilu  Laiskodat, Kapolda NTT Irjen Pol Drs. Lotharia Latif, Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Bupati Sumba Tengah Drs.Paulus S.K.Limu.

Ditengah guyuran hujan Presiden Republik Indonesia Ir.Joko Widodo bersama menteri PUPR Ir. Mochamad Basoeki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D serta rombongan tiba dilokasi food estate sekitar pukul 11:30.
Presiden RI Joko Widodo  langsung meninjau lokasi food estate, peternakan itik, serta bak penampungan air.
Presiden RI, Ir.Joko Widodo meninjau kawasan lumbung pangan baru seluas 5.000 hektare yang dibangun di NTT yang 3.000 hektare diantaranya untuk padi, selebihnya ditanami jagung.
Kendala pengembangan lumbung pangan di NTT ini adalah ketersediaan air untuk mengairi persawahan. Untuk itu, pemerintah membangun hingga sebanyak 200 sumur bor dan beberapa embung untuk pengairan sawah. Itu pun masih jauh dari cukup.
Presiden RI, Ir. Joko Widodo telah menginstruksikan Menteri PUPR untuk melihat potensi pembangunan waduk atau bendungan di wilayah ini.
Selain itu, “Saya memerintahkan Menteri Pertanian untuk turut memberikan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) yang dibutuhkan para petani setempat. Dengan food estate di Kalimantan Tengah, Sumatera Utara dan NTT, saya berharap akan bisa terbangun ketahanan pangan yang baik untuk negara kita,” ujar Presiden Jokowi. (YB/T)