Beranda Berita Kota Pohon Tumbang, Anggota Komisi I DPRD Kota Kupang Reaksi Cepat Evakuasi

Pohon Tumbang, Anggota Komisi I DPRD Kota Kupang Reaksi Cepat Evakuasi

90
0
Pohon Tumbang di Kelurahan Bakunase, RT 08/ RW 03, Selasa, 23 Februari 2021.
KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Sebatang pohon besar yang berusia puluhan tahun di Kelurahan Bakunase tumbang menimpa saluran air yang selama ini tidak diduga oleh warga setempat, kemungkinan ambruknya pohon tersebut  akibat lapuk dimakan usia.
Pada kejadian tersebut, reaksi cepat evakuasi dari salah satu Anggota Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kupang, Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Raja, Anatji Efrolina Ratukitu Jan, SH dari  Fraksi PKB terlibat langsung di Kelurahan  Bakunase lokasi RT 08/RW 03 bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) pada hari Selasa ( 23 /2/ 2021).
Anatji menyampaikan  masalah pohon tumbang di saluran air mengingat curah hujan  yang tinggi, perlu di evakuasi secepat mungkin agar tidak mengganggu aktivitas masyarakat setempat.
“Seperti terjadi di Kelurahan Airnona  pada akhir bulan Januari 2021, Saya bersama masyarakat langsung mengantisipasi untuk terhindar dari halangan aktivitas masyarakat,” ujar Anatji.
Kata Anatji, pernah juga kejadian longsor di Kelurahan Airnona  RT 13 / RW 07 perlu penanganan secara serius oleh pemerintah Dinas Pekerjaan Umum (PU) atau penangulangi bencana yakni Bronjong untuk mengantisipasi mengurangi terjadinya erosi ditengah curah hujan yang tinggi ini.
“Sementara hari ini masyarakat sudah melakukan swadaya untuk membangun tembok penahan sambil  mengharapkan kepedulian dari Dinas PU untuk memasang Bronjong yang lebih tahan lama lagi demi menjaga kenyamanan masyarakat kedepan. Kejadian seperti pohon tumbang dan longsor menjadi harapan lebih serius lagi oleh pihak yang bersangkutan agar segera di evakuasi secepat mungkin menjaga kejadian diluar dugaan  seperti  dibeberapa  daerah lain,” tandasnya.
Anatji juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak. “Terima kasih kepada pihak  kelurahan, masyarakat Bakunase, Airnona dan BPBD Kota Kupang atas kesadaran dan keterlibatan semuanya beberapa peristiwa sudah teratasi secara baik,” ucapnya. (HL/T)