Beranda Daerah Raker DPRD Sumba Tengah Sepakat Tangani Hama Belalang

Raker DPRD Sumba Tengah Sepakat Tangani Hama Belalang

38
0
WAIBAKUL, RANAKA- NEWS.com- Semakin mewabahnya hama Belalang yang menyerang tanaman pertanian masyarakat pada beberapa Desa di Wilayah Pantura Kabupaten Sumba Tengah yaitu Desa Tanambanas, Desa Tanambanas Barat, Desa Tanambanas Selatan, Desa Lenang dan Desa Lenang Selatan, DPRD Kabupaten Sumba Tengah menginisiasi untuk melakukan Rapat Kerja dalam rangka penanganan penyebaran hama belalang yang semakin masif pada Jumat (12/3/2021).
Rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Tagela Ibisola tersebut dihadiri juga Wakil Bupati, Ir. Daniel Landa, Sekretaris Daerah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, Para Anggota DPRD, Para Asisten serta Pimpinan Perangkat Daerah itu menyepakati beberapa hal yaitu:
1. Pemerintah Daerah bersama DPRD segera menetapkan status darurat atau kejadian luar biasa terkait penanganan hama belalang.
2. Memastikan dana untuk penanggulangan hama belalang
3. Membuat perencanaan penanganan hama belalang secara sistematis dan dapat dipertanggungjawabkan
4. Menyiapkan peralatan dan obat-obatan yang memadai
5. Perlu memperhatikan dampak kesehatan bagi manusia dan ternak akibat penggunaan insektisida
6. Mempersiapkan operasional untuk tenaga pelaksana dilapangan secara baik dan benar
7. Adanya pelibatan masyarakat dalam penanganan hama belalalng dengan memberi stimulan-stimulan tertentu berupa sembako atau dalam bentuk lainnya
8. Agar melakukan koordinasi dengan Pemerintah Desa Ngadu Mbolu, Desa Bolu Bokat Utara, Desa Bolu Bokat, Desa Maradesa, Desa Weluk Praimemang dan Desa Soru untuk memantau penyebaran hama belalang
Demikian beberapa kesimpulan pada Rapat Kerja antara DPRD Kabupaten Sumba Tengah bersama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah yang berlangsung di Gedung DPRD Kabupaten Sumba Tengah. (YB/T)