Beranda Bisnis BI NTT Gelar Exotic Tenun Fest 2021, 960 Tenun NTT Dipajang 

BI NTT Gelar Exotic Tenun Fest 2021, 960 Tenun NTT Dipajang 

47
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Setidaknya sebanyak 960 kain tenun asal NTT, akhirnya digelar dalam Exotic Tenun Fest 2021, Senin ( 22/ 3/ 2021).
Kegiatan yang digelar Bank Indonesia Perwakilan NTT ini berlangsung selama tiga hari hingga 24 Maret 2021, secara virtual.
Kepala Bank Indonesia Perwakilan NTT, I Nyoman Irawan Atmaja mengatakan sebanyak 960 produk UMKM bersama produk turunannya telah dipajang secara virtual melalui e-catalog dan dapat diakses melalui situs www.exotictenun fest.com.
“Ratusan produk  tersebut merupakan karya penenun dari 15 UMKM. Selain virtual, masyarakat juga bisa membeli produk tersebut secara offline yang dipajang di gedung Dekranasda  NTT,” jelas Nyoman kepada wartawan usai  buka kegiatan tersebut.
Exotic Tenun Fest tersebut digelar untuk memperkuat identitas tenun ikat sebagai maha karya dan warisan budaya leluhur yang bernilai tinggi, serta memperkenalkan kepada masyarakat umum  mengenai keindahan tenun NTT dengan motif, jenis, dan latar belakang cerita yang beragam.
“Kegiatan tersebut juga bertujuan mendorong UMKM sebagai pilar pemulihan ekonomi dan mendukung pengembangan UMKM khususnya tenun melalui digitalisasi promosi dan sistem pembayaran,” ujarnya.
Sementara itu, Wali Kota Kupang, Jefirstson R. Riwu Kore mengatakan sebagai Pemerintah Kota Kupang mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia Perwakilan NTT yang secara luar biasa mengangkat dan membantu tenun-tenun kita di NTT khususnya di Kota Kupang.
“Kalau bapa, Ibu liat Kota Kupang ini belum ada ikon tertentu. Oleh karena itu Dekranasda Kota Kupang bersama Bank Indonesia Perwakilan NTT mendesain yang namanya ikon satu sepe. Salah satu ikon yang terbaik sekarang yang ditenun di Kota Kupang dan tenunan itu semua adalah bantuan dari BI, untuk itu kami sangat berterima kasih kepada BI Perwakilan NTT,” ucap Wali Kota Jefry.
Direktur Utama Bank NTT, Harry Alexander Riwu Kaho mengatakan bahwa  kegiatan sangat bermanfaat bagi kebangkitan UMKM terutama di masa pandemi Covid-19 dan ekonomi NTT.
“Event ini sebagai terobosan Bank Indonesia di era New Normal untuk mensukseskan gerakan nasional bangga buatan Indonesia. Ini kesempatan bagi UMKM untuk bangkit,” ungkapnya. (MD)