Beranda Regional UKAW Kupang Gelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Secara Daring dan Luring

UKAW Kupang Gelar Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Secara Daring dan Luring

29
0
KUPANG, RANAKA-NEWS.com- Universitas Kristen Artha Wacana (UKAW) Kupang menggelar upacara wisuda Sarjana yang ke-61 dan Pascasarjana yang ke-17 Tahun Akademik 2020/2021 secara daring dan luring di Aula kampus tersebut, Sabtu (27/3/2021).
Upacara wisuda secara daring disiarkan secara virtual melalui aplikasi zoom dan live streaming di laman Youtube ukaw.ac.id. Sementara dalam upacara wisuda secara luring dilakukan dengan prosesi serta peserta yang dibatasi yang hanya diikuti perwakilan wisudawan, rektor, wakil rektor, dekan, dan jajaran pimpinan UKAW. Selain itu, juga dilaksanakan dengan mengikuti ketentuan dan standar protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah.

Rektor Dr. Ir. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si mengatakan pelaksanaan wisuda di UKAW kali ini digelar secara berbeda akibat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 memaksa masyarakat untuk turut berubah dengan mengadaptasi kebiasaan-kebiasaan baru. Demikian juga dengan penyelenggaraan upacara wisuda, setelah sempat tertunda beberapa waktu, akhirnya UKAW kembali menyelenggarakan wisuda, namun secara daring.
“Kondisi ini memang tidak ideal dan mungkin juga tidak sesuai dengan harapan.  Namun, ini tidak mengurangi makna dan penghargaan atas perjuangan yang telah lalui di kampus. Hari ini kita mengikuti prosesi pelantikan 407 orang sarjana dan 6 orang magister di Lingkungan UKAW dalam wisuda gelombang pertama periode semester Ganjil 2020/2021. Wisuda ini merupakan wisuda sarjana yang ke-61 dan Pascasarjana yang ke-17,” ungkap Rektor Dr. Ir. Ayub Urbanus Imanuel Meko, M.Si kepada RANAKA-NEWS.com usai kegiatan tersebut.
Dijelaskannya bahwa GMIT dan GKS yang merupakan lembaga pendiri UKAW telah menghadirkan lembaga pendidikan tinggi ini sejak 50 tahun lalu sebagai lembaga pendidikan Tinggi Teologi waktu itu dalam tingkatan Akademi Teologi Kupang (ATK) di wilayah NTT, untuk menyiapkan tenaga pelayan tidak saja untuk melayani gereja tapi masyarakat umum. Sampai saat ini UKAW telah menamatkan 19.989 orang sarjana dan 92 orang magister.
“Lama studi yang ditempuh para wisudawan periode ini untuk sarjana adalah 3 tahun 10 bulan hingga 7 tahun dengan rata-rata lama studi 4,5 tahun. Sedangkan indeks prestasi kumulatif yang dicapai 2,5 atau sampai 3,97 dengan rata-rata 3.35. Magister 2-3 tahun- 2.55, 3 tahun -3.90=3. 84,” sebut Rektor Ayub Urbanus.
Lebih lanjut Ia mengatakan UKAW sebagai lembaga pendidikan tinggi yang dibentuk oleh masyarakat melalui kedua gereja pendiri, terus melakukan perbaikan pengelolaannya dalam memberikan layanan yang optimal bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya.
Ditanya terkait harapan Rektor kepada 413 orang wisudawan. “Kami harapkan yang wisuda gelombang pertama ini, mereka  menyusuaikan diri, persiapkan diri untuk bisa masuk dunia kerja dengan baik. Karena kita menghasilkan dalam suasana pandemi Covid-19 tentu ada kurang lebihnya, masing-masing menyadari dan cepat memperbaiki situasi untuk bisa  masuk di dalam dunia kerja dengan baik,” harap Rektor Ayub Urbanus.
Menambahkan, untuk wisuda gelombang kedua kata Rektor  sekitar akhir bulan Mei atau bulan Juni. Lalu adik-adik yang sekarang masih kuliah, diharapkan harus meningkatkan kesiagaan karena kalau kita berproses secara offline itu mudah, tetapi dengan online ini berbagai macam keterbatasan baik itu ketersediaan SDM maupun karena belum lagi ada tekanan-tekanan lain lagi, sikap kita harus optimis setiap upaya yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik kalau pun ada kesulitan bagian dari proses,” tandas Rektor menguatkan.
Salah seorang wisudawati, Maria Dolfiana Mo’at ketika ditanya perasaannya setelah diwisudakan, Ia mengungkapkan kalau dirinya “Merasa bangga, dan tentunya sangat bersyukur kepada Tuhan karena ini semua bukan karena kekuatan saya tetapi ini semua karena kuasa Tuhan. Dan harapan saya kedepannya semoga bisa menjadi seorang sarjana Tehnologi Pertanian alumni Universitas Kristen Artha Wacana yang bisa mengembangkan ilmu dan juga bisa membuat nama UKAW Kupang menjadi universitas yang terbaik di pandang oleh masyarakat,” ungkap Fiana Lulusan Sarjana Tehnik Pertanian itu.
Pantauan media yang hadir pada kegiatan itu Kepala Lembaga Layanan Dikti Wilayah VIII, Pimpinan Gereja Pendiri GMIT dan GKS, Ketua Pembina, Pengurus dan Pengawas YUKAW bersama seluruh anggota Pembina, Pengurus dan Pengawas, Senat UKAW, Pimpinan Fakultas, Lembaga dan Unit, Dosen dan Tenaga Kependidikan, Pengurus Ikatan Alumni UKAW, Orangtua Winisuda, Wisudawan Wisudawati, Wartawan. (MD)