Beranda Daerah Bupati Sumba Tengah Bersama Ketua DPRD Panen Padi di Desa Waimanu

Bupati Sumba Tengah Bersama Ketua DPRD Panen Padi di Desa Waimanu

33
0
WAIBAKUL, RANAKA-NEWS.com- Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah terus memberikan perhatian serius untuk memotivasi para petani di Sumba Tengah dalam upaya menjaga ketahanan pangan sekaligus untuk meningkatkan produktivitas pertanian ditengah ancaman pandemi covid-19.
Upaya yang dilakukan saat ini yaitu mempercepat pengolahan  lahan sawah dan lahan kebun petani dalam menghadapi musim tanam kedua periode April hingga September menggunakan Alsintan yang diberikan oleh Kementerian Pertanian RI.
Pada Selasa (30/3/2021) Bupati Sumba Tengah, Paulus S. K. Limu, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Tagela Ibisola, Camat Katiku Tana Selatan, Marthen Umbu Bewa, S.Sos, Kepala Desa Waimanu dan para Petani setempat melakukan Panen Padi Ladang di Desa Waimanu, Kecamatan Katikutana Selatan.
Usai  panen Bupati mengatakan bahwa jangan kita merasa cukup atas hasil panen yang diperoleh saat ini tapi harus ada upaya peningkatan produksi pertanian jika ingin maju dan keluar dari kemiskinan.
“Kaitan Food Estate Saya minta  agar sebelum bulan Mei nanti  lahan tersebut sudah diolah dan  harus disiapkan seluas 300 hektar.
Kepala Desa harus mendata CPCL yang ada di Desa Waimanu ini dan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian untuk memudahkan penggunaan Alsintan yaitu traktor besar dalam pengolahan nanti.
Jika lahan yang diolah telah mencapai 300 hektar maka Saya akan mengundang pak Gubernur untuk datang tanam nanti,” ucap Bupati.
Bupati menambahkan, lahan Food Estate seluas 300 hektar nanti selain ditanami padi juga akan ditanami jagung dan ubi. Oleh sebab itu dibutuhkan kerja keras dari kita semua sehingga upaya yang kita lakukan akan mendatangkan kesejahteraan dan produktivitas pertanian kita akan meningkat maka dengan demikian kita akan bisa panen 2 kali bahkan 3 kali dalam setahun.
“Untuk mewujudkan hal tersebut, tahun depan di Waimanu akan dibangun embung, sumur bor serta jaringan irigasi melalui sumber-sumber air yang terdapat di Desa Waimanu. Saat ini tim teknis dari Kementerian PUPR maupun Kementerian Pertanian sedang melakukan penelitian dan kajian dilapangan,” jelas Bupati.
Sebelumnya pada tanggal 2 Maret 2021 yang lalu, Bupati Sumba Tengah bersama jajarannya juga melakukan panen padi ladang di Desa Ole Dewa, Kecamatan Mamboro dan kali kedua ini panen padi ladang dilakukan di Desa Waimanu, Kecamatan Katiku Tana Selatan. (YB/T)