Beranda Regional Dua Rumah Warga RT 32 Terendam Banjir

Dua Rumah Warga RT 32 Terendam Banjir

40
0
KUPANG, RANAKA- NEWS.com- Hujan deras mengguyur Kota Kupang Nusa Tenggara Timur pada Sabtu (3/4/2021) siang. Akibatnya  sejumlah rumah warga di RT 32/RW 13 Kelurahan Sikumana terendam banjir.
Salah satu warga RT 32 yang rumahnya terendam banjir berinisial DA, kepada media ini mengatakan, banjir terjadi pada pukul 13:00 WIT setelah turun hujan seharian.
“Jam 14:00 tiba-tiba air naik setinggi lutut orang dewasa. Kemarin memang hujan seharian sampai malam. Yang kena 2 rumah,” kata DA di lokasi, Sabtu (3/4/2021).
DA menambahkan, hujan deras di Kelurahan Sikumana dan sekitarnya dalam beberapa hari terakhir memicu luapan drainase sawah Oelon yang berada di RT 27 Kelurahan Sikumana. Banjir semakin parah karena curah hujan tahun ini sangat tinggi dibandingkan tahun-tahun sebelumnya dan meluapnya mata air Oelon sehingga mengakibatkan banjir dan rumah terendam.
“Memang di ketong sini, kalau su musim hujan begini ketong yang rumah dekat saluran drainase pasti akan kena dampak dari luapan air dari Oelon.  Luapan air ini  su tinggi lebih dari ketong pung lutut orang dewasa,” urai DA.
Lanjutnya, dampak dari luapan air kata DA mengakibatkan banjir rumah terendam dan mengakibatkan kerusakan prabot rumah tangga, barang-barang elektronik.
“Kaka bisa melihat sendiri kalau ada beta pung barang-barang dong yang rusak seperti barang- barang elektronik, kabel listrik ada yang koslet, perabot rumah tangga, na semua ini beta perlu dan butuh kaka. Beta minta kalau bisa pemerintah bisa liat ketong ko!,” pinta DA.

Pantauan media untuk mengurangi dampak luapan banjir tersebut, beberapa warga bergotong royong melakukan pembobolan di beberapa titik drainase.
 “Kami  warga menginginkan adanya pembangunan dan infrastruktur pendukung lainnya,” tuturnya.
Ia juga meminta agar pemerintah supaya ada perhatian sesuai harapan masyarakat.
Sementara itu, Ketua RT 32/RW 13 Yoppy Benu mengatakan, banjir yang menggenangi rumah warga tersebut akibat saluran drainase sawah Oelon yang menuju ke satu (1) jalur drainase di RT 32 tidak menampung air sehingga terjadi banjir.
“Dua  rumah warga yang terendam banjir di RT 32 yaitu, rumahnya bapak  Ansel Abin dan rumah bapak Gotlif Mulik, dikarenakan curah hujan yang relatif lama dari kemarin maka air dari 4 saluran drainase sawah Oelon yang menuju ke satu jalur drainase di RT 32  tidak menampung air sehingga terjadi banjir  yang mengakibatkan  terendamnya  2 rumah warga di RT 32 Kelurahan Sikumana,” jelas Yoppy, Sabtu (3/4/2021) siang.
Menyikapi hal itu, Yoppy berharap agar adanya perbaikan drainase di RT 32 Kelurahan Sikumana. (PD/T)