Beranda Regional Rumah Warga Desa Fahiluka Terendam Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

Rumah Warga Desa Fahiluka Terendam Banjir, Ratusan Warga Mengungsi

32
0
BETUN, RANAKA-NEWS.com- Hujan deras yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Malaka, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengakibatkan banjir.
Desa Fahiluka salah satu Desa di Kecamatan Malaka Tengah yang ikut terdampak banjir yang melanda Malaka 2 hari ini. Tinggi air di Desa tersebut setinggi pinggang orang dewasa.
Pantauan Media, Banjir yang terjadi pada Jumat (2/4/2021) Pagi, memaksa ratusan warga desa tersebut pergi mengungsi ke dataran yang lebih tinggi.
“Akibat banjir ini sehingga Air terus masuk di dalam rumah jadi sebagian besar warga ke kampung sebelah. Hanya sedikit saja yang tinggal karena mau angkat barang sebelum terendam semua,” kata beberapa warga desa setempat.
Beberapa warga setempat menjelaskan, ada beberapa rumah warga yang terendam. Banjir berasal dari luapan sungai di Pantai Motadikin.
Di jelaskan bahwa ketinggian air sudah sampai pinggang orang dewasa. Tapi masih ada juga barang-barang warga yang bisa diselamatkan. Kalau korban jiwa tidak ada, cuma kerugian materil saja.
Di waktu yang sama, warga setempat meminta Kepala Bidang Pencegahan Bencana Alam, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Malaka, untuk melakukan sesuatu atas luapan air sungai di pantai Motadikin yang melampaui Desa Fahiluka atas penyebabnya luapan dari pantai motadikin.
“Luapan sungai itu bisa saja terjadi karena sungai yang ada di daerah kami dekat dengan Pantai Motadikin, saat ini kami sedang di landa banjir, untuk itu kami menanti Pemerintah Daerah agar bisa melakukan penanganan darurat di wilayah kami. Selain merendam rumah warga, area tambak, dan perkebunan juga ikut terendam. Kerugian material ditaksir sampai ratusan juta, jelas beberapa warga terdampak banjir di Desa Fahiluka.
Harapan warga setempat, ada perhatian dari Pemerintah Daerah untuk melakukan sesuatu. (BB/T)