Beranda Daerah 162 Siswa SMKS Katolik Kefamenanu Mengikuti Uji Kompetensi Keahlian

162 Siswa SMKS Katolik Kefamenanu Mengikuti Uji Kompetensi Keahlian

32
0
KEFAMENANU, RANAKA-NEWS.com- Sebanyak 162 Siswa/i Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Katolik Kefamenanu yang terletak di Jalan Yos Soedarso, Kelurahan Aplasi, Kecamatan Kota Kefamenanu, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengikuti Uji Kompetensi keahlian (UKK) tahun 2021.
Pantauan media, peserta UKK SMKS Katolik Kefamenanu mengenakan jas hitam bagi jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP) dan Bisnis Daring dan Pemasaran sedangkan siswa/i jurusan Multimedia dan Akuntansi mengenakan baju kejuruan.
“162 siswa yang mengikuti UKK tahun ini yang dimulai pada hari ini, Selasa 27 April hingga 30 April 2021 terbagi dalam 4 jurusan yaitu Program Keahlian Multimedia sebanyak 41, Bisnis daring dan pemasaran sebanyak 18, Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran sebanyak 46, Akuntansi dan keuangan Lembaga sebanyak 57,” jelas Yanuarius Bere Kehik, S.E selaku Ketua Panitia kepada  wartawan media ini di ruang kepala sekolah, Selasa (27/42021).
UKK ini dilaksanakan untuk mengukur sejauh mana kompetensi keahlian dari siswa/i dari setiap jurusan, yang dimulai pada pukul 07.30 hingga pukul 15.30 Wita. “Untuk penilainya sesuai kriteria Standar Penilanian Kompetensi (SPK) dan penyusunan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan. Sedangkan untuk penilainya sesuai kriteria Standar Penilanian Kompetensi (SPK) dan penyusunan dari kementrian pendidikan dan kebudayaan,” jelas Kaur Kurikulum SMKS Katolik Kefamenanu.
Lebih lanjut Ia mengatakan, untuk menguji keahlian siswa dan siswi dari setiap jurusan kita datangkan penguji yang kemudian lebih uji ke produk yang di hasilkan siswa/I dari setiap jurusan yaitu dari penguji internal juga kita datangkan penguji eksternal seperti Dinas Kearsipan kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) untuk program keahlian OTKP dan Dosen dari Universitas Timor untuk Akuntansi dan keuangan lembaga.
“Semoga 162 siswa ini menampilkan yang terbaik sesuai bekal keterampilan yang dimiliki dan selalu sehat untuk menghasilkan hasil yang memuaskan agar sampai pada penetuan hasil kelulusan bisa peroleh 100% kelulusan,” harap Putra Malaka ini.

Senada dengan Yanuarius Bere Kehik, S.E, Kepala SMKS Kefamenanu Melanian Hania, S.Pd saat di temui di ruang kerjanya mengatakan, Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah bagian dari intervensi Pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan.
Dijelaskan Melan yang akrab disapa, bahwa, Pelaksanaan UKK bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK.
“Kita akan mengukur keahlian siswa melalui produk yang dihasilkan dan dapat di uji oleh penguji baik internal maupun eksternal,” ungkap Melania.
Harapan saya sebagai kepala sekolah, “Semoga kedepannya SMKS Katolik Kefamenanu menjadi sekolah vokasional yang dapat menjadi pelayan pendidikan yang bermutu dan berkualitas dalam aspek apapun dan mampu menghantarkan 162 peserta UKK yang akan menjadi output dari SMKS, dapat menjadi pribadi yang tangguh, berkarakter sehingga mampu ikut mencerdaskan bangsa dan negara dan meningkatkan kehidupan masyarakat yang lebih baik demi nama baik almamater,” pungkasnya. (BB/T)