Beranda Daerah Sambut Hardiknas 2021, SMKS Katolik Kefamenanu Gelar Lomba

Sambut Hardiknas 2021, SMKS Katolik Kefamenanu Gelar Lomba

142
0
KEFAMENANU, RANAKA- NEWS.com– Memperingati hari pendidikan nasional (HARDIKNAS) tahun 2021 Sekolah Menengah Kejuruan Swasta (SMKS) Katolik Kefamenanu menggelar lomba debat Bahasa Indonesia, Quis Bahasa Inggris, Fashion Show, Cipta dan baca puisi dan lomba menyanyi solo antar siswa dari masing-masing jurusan, Jumat (30/4/2021).
Pantauan media, kegiatan lomba ini dilaksanakan di SMKS Katolik pada Jumat 30 April 2021, dan acara ini dibuka dengan resmi oleh Kepala Sekolah SMKS Katolik Kefamenanu.
“Harusnya lomba memeriahkan hardiknas 2021 ini melibatkan seluruh SMK se-TTU sesuai instruksi dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT tapi mungkin karena masalah pandemic atau halangan lain maka tidak dilangsungkan dan luar biasa bagi SMKS Katolik Kefamenanu meski saat ini diperhadapkan dengan situasi pandemic dan juga tengah menghadapi Uji Kompetensi Keahlian (UKK) tapi masih berkesempatan menyelenggarakan kegiatan lomba ini yang bertujuan memeriahkan hardiknas 2021,” kata Kepala SMKS Katolik Kefamenanu,Melania Hania  dalam sambutannya.

Lanjut Melania Hania mengatakan, lomba ini bertujuan untuk mengasah skill, keterampilan serta meningkatkan minat, bakat dan potensi siswa.
Selain itu kata Dia, “dengan digelarnya lomba ini, semisal debat bahasa Indonesia bisa membuat siswa meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya, kreatif, analitis, konstruktif dan responsif terhadap isu-isu aktual yang sedang berkembang, baik, regional, nasional maupun internasional, misalkan pembelajaran daring akibat dampak dari pandemic, apalagi siswa/i SMKS Katolik kefamenanu sering tampil di event-event seperti ini,” ungkap wanita asal Manggarai Barat ini.
Ia juga mengatakan, sebagai Guru kita memberi ruang selebar-lebarnya bagi siswa untuk mampu mengekspresikan diri mereka melalui hajatan seperti ini.
Secara terpisah, Adelina Lelo Lein, S.Pd.,M.Hum salah seorang dewan juri lomba yang di gelar SMKS ini berkomentar.
“Angkat jempol untuk SMKS Katolik Kefamenanu, terlebih siswa/i yang menjadi peserta lomba debat bisa berdebat dengan baik sesuai topik yang diberikan meski mereka kewalahan pada hal teknisnya mungkin soal kesiapannya tapi mereka mampu menyiapkan materi dalam waktu 2 menit sesuai topik yang baru diberikan saat di podium, ini bagi saya hal yang luar biasa,”  ungkap Dosen Bahasa Indonesia UNIMOR ini.
“Apalagi puisi tadi, ‘wah keren’ penghayatanya itu pro sekali,”  puji Adelina bersama dengan satu juri lainnya Desta Gloria Siahaan, S.Pd., M.Hum. yang juga Dosen Universitas Timor (UNIMOR) Kefamenanu.
“Harapan kami sebagai juri, semoga kedepannya bisa lebih baik dan sebelum tampil bisa mempersiapkan diri dengan baik sehingga kemampuan berpublic speakingnya juga bagus, tapi kita tetap apresiasi kerja keras dari peserta. Mereka luar biasa,” puji  Adel yang akrab disapa. (BB/T)