Beranda Pendidikan Dua Perguruan Tinggi Kerjasama Pemprov Lakukan MoU, Dukung SMK D2 Fast Track

Dua Perguruan Tinggi Kerjasama Pemprov Lakukan MoU, Dukung SMK D2 Fast Track

24
0
Penandatangan MoU Poltek dan Politani kerjasama Pemprov NTT, Senin (10/5/2021).
KUPANG, RANAKA- NEWS.com- Dua Kampus vokasi Politeknik Pertanian Negeri Kupang ( Politani Kupang) dan Politeknik Negeri Kupang melakukan perjanjian kerjasama dengan Biro Umum Setda NTT.
Penandatangan perjanjian kerjasama ( MoU) antara Kampus Politani Kupang dan Politeknik Negeri Kupang yang digelar di ruang Auditorium Kampus Politeknik Negeri Kupang pada Senin, 10 Mei 2021.
Hal ini dilaksanakan demi meningkatkan kualitas pengiriman mahasiswa kampus vokasi ke Pemprov NTT dan terutama pihak Pemprov NTT yang selalu mendukung dalam kegiatan kerjasama tersebut.
Selain penandatangan MoU, dalam kegiatan tersebut juga mengadakan sosialisasi Program Studi D2 Fast Track bagi SMK-SMK di Kota Kupang.
Dalam kegiatan tersebut, Direktur Politeknik Negeri Kupang, Nonce F. Tuati menyampaikan bahwa kerjasama dengan Biro Umum Pemprov NTT sudah berjalan lama, dengan beberapa kegiatan yang dijalankan seperti pengiriman mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) langsung ke Pemprov NTT.
“Kami langsung mengirimkan mahasiswa ke Pemprov NTT sesuai dengan program studi maupun jurusan serta keahlian masing-masing mahasiswa,” kata Nonce dalam sambutannya.
Sebelumnya juga, kampusnya telah menjalankan program pengabdian masyarakat atas kerjasama dengan Biro Umum Pemprov NTT berlokasi di pulau Semau. Kegiatan tersebut untuk pengembangan pariwisata di pulau Semau.
“Kami mengsuport dari semua sisi terkait dengan pengambangan pariwisata di Pulau Semau. Sehingga, banyak hal yang dilakukan kampus Politeknik Negeri Kupang bersama dengan Pemprov NTT,” ungkap Nonce.
Oleh sebab itu, Nonce berharap supaya ke depan akan ada banyak hal yang dilakukan baik itu dari kampus Polteknik dan Politani bekerjasama dengan Biro Umum maupun Dinas P dan K Pemprov NTT.
“Penandatangan kerjasama (MoU) ini juga dengan program D2 Fast Track yang akan dirunning dalam waktu dekat,” pungkas Nonce.
Pada kesempatan itu juga, Direktur Politani Negeri Kupang, Ir. Thomas Lapenangga mengatakan bahwa dirinya menyambut baik kerjasama dengan Biro Umum Pemprov NTT.
Selain itu, Thomas mengungkapkan bahwa dalam kerjasama dengan Pemprov NTT ini juga dalam mendukung program D2 Fast Track dari Dirjen Pendidikan Vokasi bagi SMK-SMK.
Dia menjelaskan bahwa, D2 Fast Track adalah program yang diperuntuhkan bagi SMK-SMK. Jadi, anak-anak SMK masa sekolahnya selama 3 tahun di Sekolah Kejuruan, sedangkan 3 semester atau 1 tahun 6 bulan di kampus vokasi.
Selain itu juga, selama 3 semester, 6 bulan melaksanakan pembelajaran dalam kampus, dan dua semester atau satu tahun dilapangan.
Thomas mengakui bahwa program D2 Fast Track ini unik, karena kelulusannya itu ditentukan dari memproduksi sesuatu yang dibidanginya.
Program D2 Fast Track ini, menurut dia sangat bagus bagi dunia vokasi, sehingga harus dipercepat untuk dijalankan tahun ini.
Plt Kepala Biro Umum Setda NTT, George Hadjoh yang menghadiri sekaligus melakukan pendatanganan MoU tersebut menyampaikan bahwa bentuk kerjasama ini sesuai dengan harapan dari Gubernur NTT.
Karena keinginan dari Gubernur NTT bagi semua mahasiswa di NTT apabila menggakiri tugas akhir perkuliahaan dengan mengakiri semua tugas-tugas dilapangan.
Ia mengungkapkan bahwa kerjasama ini dengan program- program yang ada, apabila dijalankan dengan berlolaborasi yang kuat, maka Provinsi NTTdengan waktu yang cepat akan segera maju.
Ia juga menjelaskan bahwa, mengapa ada MoU ini, karena untuk menjaga keberlanjutan dan berkesinambungan kampus dengan pemerintah. Jadi menurutnya bentuk kerjasama ini dalam membuat sistim sehingga manusia berpindah masih ada sistim yang ada dilanjutkan.
George mengaku, kampus adalah tempat untuk melahirkan orang-orang hebat.
“Terima kasih kepada dua kampus vokasi yakni Politeknik Kupang dan Politani yang telah mendidikan dan melahirkan pemuda-pemudi yang berkulitas di NTT,” ucap George diakhir sambutannya.
hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Biro Umum Setda NTT, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi NTT, Linus Lusi, Direktur Politeknik, Nonce F. Tuati, Direktur Politani, Ir. Thomas Lapenangga.
Moderator, Wadir 4 politeknik Kupang, Peter Samadara dan Wadir 4 Politani Kupang, Melinda R.S. Moata serta semua Kepala SMKN di Kota Kupang.)(MD