Beranda Daerah Wabup Daniel Landa Panen Padi di Desa Umbu Pabal Selatan

Wabup Daniel Landa Panen Padi di Desa Umbu Pabal Selatan

40
0
WAIBAKUL, RANAKA- NEWS.com- Wakil Bupati Sumba Tengah Ir. Daniel Landa pada Selasa (18/5/2021) meninjau pelaksanaan panen padi menggunakan combine  harvester atau mesin panen padi multifungsi di Lairoba, Desa Umbu Pabal Selatan, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat yang merupakan bantuan dari Kementerian Pertanian RI dalam mendukung program Food Estate di Sumba Tengah yang sudah berjalan sejak Oktober 2020 lalu.Selain meninjau pada kesempatan tersebut Wakil Bupati melakukan panen padi secara simbolis bersama Sekretaris Daerah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si menggunakan combine harvester (mesin panen multifungsi)
Dihadapan masyarakat pemilik lahan sawah, Wakil Bupati Daniel mengatakan bahwa dengan menggunakan combine harvester ini semua kegiatan dapat dikerjakan sekaligus dalam satu rangkaian pemanenan padi di sawah, sehingga kegiatan panen menjadi sangat efisien baik dari jumlah tenaga maupun waktu.
“Kalau panen manual dalam 1 hektar sawah biasa dipanen oleh 15 sampai 20 orang, dan waktu yang dibutuhkan 3 sampai 4 hari, tetapi dengan mesin combine harvester waktu yang ditempuh cukup 6 jam dan bisa kurang dari 6 jam sudah selesai, dengan menggunakan combine harvester juga akan lebih menghemat biaya daripada menggunakan tenaga manusia secara manual.” Ucap Wakil Bupati.
Untuk diketahui, Combine Harvester merupakan mesin panen multifungsi.
Kementerian Pertanian RI melalui Dirjen Prasarana dan Sarana memberikan bantuan sebanyak 13 unit mesin tersebut untuk membantu masyarakat petani dalam memanen padi.
Mesin ini, seperti namanya, merupakan kombinasi dari 3 (tiga) operasi yang berbeda, yaitu menuai, merontokkan, dan menampi, semuanya dijadikan satu rangkaian operasi.
Secara umum fungsi operasional dasar combine harvester adalah Memotong tanaman yang masih berdiri, Menyalurkan tanaman yang terpotong ke selinder, Merontokkan gabah dari tangkai atau batang, Memisahkan gabah dari jerami dan Membersihkan gabah dengan cara membuang gabah kosong dan benda asing.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Neka Jarawoli, Sekretaris Daerah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Sumba Tengah, Ferdinand Umbu Kabalu, SE, Sekretaris DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Tuang Sabarua, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sumba Tengah, Umbu K. Pari, SP, Kabag Umum, Robertus Umbu Tagela, serta Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan, David S. U. Duka, S.Pt). (YB/T)