Beranda Daerah Bupati Paulus Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Mandiri

Bupati Paulus Lakukan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Mandiri

24
0
WAIBAKUL, RANAKA- NEWS.com- Bupati Sumba Tengah, Drs Paulus S.K.Limu melakukan peletakan batu pertama pembangunan Rumah Mandiri bagi masyarakat di Desa Anajiaka, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat, Kabupaten Sumba Tengah.
Bupati Sumba Tengah, Drs Paulus S.K.Limu juga menargetkan pembangunan Rumah Mandiri yang bersumber dari  APBD Kabupaten Sumba Tengah dan Dana Desa tahun 2021 sebanyak 900 unit  dapat selesai tepat waktu, untuk anggaran APBD Rp65 juta unit rumah dengan type 36, Senin (17/05/2021) di Desa Anajiaka, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat.
Bupati Paul Limu menjelaskan, ada 14 indikator kemiskinan dan 8 indikator diantaranya adalah masalah rumah yaitu rumah mempunyai atap seng, rumah mempunyai plafon, rumah mempunyai lantai semen, rumah berdinding tembok, rumah mempunyai listrik, rumah mempunyai MCK, luas rumah 8 meter persegi per orang dan rumah mempunyai air bersih.
Menyinggung kesetaraan dalam pembangunan rumah mandiri, berkaitan erat dengan pendidikan yaitu penerangan agar anak-anak bisa belajar pada malam hari dengan baik, mengingat angka kemiskinan di Sumba Tengah mencapai 30% sehingga lewat penerangan bisa membantu dan menolong anak untuk belajar mandiri dalam rumah.
Tidak saja kesetaraan pendidikan, lanjut Paul Limu, tetapi masalah kesetaraan kaitan dengan kesehatan yaitu stunting yang diharapkan memberikan solusi pada kebersihan lingkungan dimana setiap rumah telah tersedia MCK.
Menurutnya manusia membutuhkan 3 hal pokok yaitu sandang, pangan, papan. Rumah mandiri bukanlah sebuah pencitraan karena rumah mandiri merupakan kebutuhan primer (papan).
Rumah mandiri juga mendongkrak sektor riil, baik secara kelompok maupun individu seperti pertukangan, penambang pasir, penjual batu, pengrajin kayu, pengayam gedek, para supir dan pemilik kendaaraan (truk, pick up, tangki air) dan lain-lain yang ada di desa, sehingga mereka juga menerima pendapatan dan menikmati hasil dari setiap usaha yang mereka kerjakan.

Sementara itu, pemilik rumah Umbu Kaledi Kapeta mengucapkan “Terima kasih kepada Bupati Sumba Tengah Drs Paulus S.K.Limu yang telah memberikan bantuan rumah mandiri kepada saya dan keluarga, saya sangat bersyukur dengan adanya program dari pemerintah kabupaten Sumba Tengah yang berpihak kepada kami masyarakat kecil,” ungkap Umbu Kaledi. (YB/T)