Beranda Daerah Lima Staf Kepresidenan Serahkan 30 Unit Hand Traktor di Sumba Tengah

Lima Staf Kepresidenan Serahkan 30 Unit Hand Traktor di Sumba Tengah

28
0
WAIBAKUL, RANAKA-NEWS.com- Lima (5) staf sekretariat Kepresidenan Republik Indonesia pada Rabu (19/5/2021) mengunjungi Kabupaten Sumba Tengah untuk menyerahkan bantuan ke masyarakatan petani berupa 30 unit Hand Traktor dari Presiden Joko Widodo. Penyerahan bantuan itu diberikan kepada kelompok tani bertempat di Rumah Jabatan Bupati Sumba Tengah. Sebelumnya 30 unit hand traktor tersebut tiba pada Selasa (11/5/2021) malam.
Tatang S.AP, salah satu Staf Kepresidenan mengatakan, tujuan penugasan mereka ke Sumba Tengah merupakan perintah dari Bapak Presiden Jokowi untuk menyerahkan bantuan ke masyarakatan 30 unit Hand Traktor.
“Bapak Presiden memerintahkan kami untuk datang dan menyerahkan bantuan hand traktor ini kepada masyarakat petani di Sumba Tengah. Bapak Presiden Jokowi mengharapkan dengan adanya bantuan ini petani di Sumba Tengah dapat memanfaatkan dan menggunakan dengan sebaik mungkin agar bisa lebih giat dan termotivasi lagi untuk bekerja mengolah lahan sawah yang ada,” sebut Tatang.
Ia menambahkan, dengan adanya dukungan alat pertanian ini bisa meningkatkan kualitas maupun kuantitas hasil pertanian di Sumba Tengah yang nantinya dapat dirasakan oleh masyarakat terutama para petani yang ada di Sumba Tengah.
Menurut Tatang, kebijakan Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian RI untuk menghadirkan Program Food Estate yang saat ini sementara berjalan di Sumba Tengah sungguh tepat karena program ini diprioritaskan bagi daerah-daerah terpencil yang mengalami rawan pangan. Olehnya, diharapkan juga melalui bantuan alat pertanian ini dapat mendongkrak peningkatan produktivitas pertanian.
“Kami mendengar bahwa program Food Estate telah menunjukkan hasil yang signifikan yaitu adanya kenaikan hasil produksi pertanian yang tadinya 40 persen, kini telah mencapai 50 persen, dimana per hektar lahan hasil panen biasanya diperoleh 3 ton, akan tetapi saat ini bisa diperoleh 5 ton dan bahkan bisa lebih. Ini membuktikan bahwa program Food Estate telah merubah peradaban pertanian di Sumba Tengah dimana adanya peningkatan kesejahteraan masyarakat lewat pertanian serta berimbas pula pada menurunnya tingkat kemiskinan masyarakat di Sumba Tengah,” kata Tatang.
Tatang menambahkan, dalam beberapa waktu kedepan direncanakan juga bantuan serupa akan tiba di Sumba Tengah sebanyak 115 unit Hand Traktor.
“Dalam beberapa waktu kedepan direncanakan akan menyusul bantuan serupa dari Presiden Jokowi berupa Hand Traktor sebanyak 115 unit. Bantuan ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden Jokowi di Sumba Tengah pada bulan Februari lalu ketika meninjau pelaksanaan program Food Estate di Sumba Tengah,” kata Tatang.
Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang telah membantu masyarakat dan para petani di Sumba Tengah lewat bantuan kemasyarakatan berupa hand traktor sebanyak 30 unit.
“Atas nama Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumba Tengah, kami menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada Bapak Presiden Jokowi atas perhatian yang besar dan rasa kepedulian serta penuh cinta kasih yang telah membantu kami lewat bantuan kemasyarakatan berupa 30 unit hand traktor untuk kami gunakan dan manfaatkan dalam mengerjakan lahan-lahan pertanian kami,” ucap Wabup Daniel Landa.
Menurut Wakil Bupati, bantuan 30 unit Hand Traktor ini akan diberikan kepada kelompok-kelompok tani di wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah. Pasalnya, wilayah tersebut ketersediaan alsintan berupa hand traktor masih minim sehingga menyulitkan kelompok tani maupun petani disana untuk mengerjakan lahan pertanian mereka ketika tiba waktunya.
Turut hadir dalam acara penyerahan bantuan tersebut diantaranya Sekretaris Daerah Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Umbu Eda Pajangu, M.Si, Asisten Bidang Administrasi Umum, Ferdinand Umbu Kabalu, SE, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Umbu K. Pari, SP, Camat Umbu Ratu Nggay Tengah, Frengky U. H. Hudang, SE, M.Si, Wakapolres Sumba Barat, Kompol Yulius Ola, Danramil Katiku Tana, Kapten Inf. Adisan serta kelompok-kelompok tani. (YB/T)