Beranda Pendidikan Gubernur VBL Resmikan SMKN 3 Komodo Manggarai Barat

Gubernur VBL Resmikan SMKN 3 Komodo Manggarai Barat

24
0
LABUAN BAJO, RANAKA- NEWS.com- Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) meresmikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Komodo di Kecamatan Komodo, Manggarai Barat dan didampingi oleh Bupati Manggarai Barat, Edi Endi, Jumat (21/05/2021).
Gubernur Viktor Laiskodat dalam sambutannya mengungkapkan tentang Pengembangan Industri Pariwisata di NTT mesti perkuat Sumber Daya Manusia (SDM) NTT melalui pendidikan yang menghasilkan manusia spiritual, intelektual, memiliki jejaring nasional dan sehat.
“Pengembangan Industri pariwisata di NTT harus SDM kita bangun dan jangan bangun manusianya berdasarkan indentitas sesama agama, suku dan warna kulit saja, itu bisa membuat kita tidak memiliki energi untuk mewujudkan kesejahteraan,” ungkap Gubernur Viktor Laiskodat.
“Kita bersyukur hari ini, terdapat lembaga pendidikan yang gedungnya berdiri untuk sebuah syarat bagi generasi kita menemukabmn dan nengenali jati dirinya melalui pendidikan, kita mesti dorong, karena dunia pendidikan sudah begitu jauh berkembang, pendidikan tidak menjadikan manusia seperti robot tetapi manusia yang memiliki kompetensi, kemampuan analisis dan melek teknologi,” tambah Gubernur Laiskodat.
Lanjut Gubernur VBL, Pendidikan yang diharapkan yaitu menghasilkan generasi memiliki spiritual, intelektual serta memiliki jejaring sosial dan sehat jasmaninya, dimana ciri khasnya yaitu manusia spiritual itu manusia yang pantang menyerah, manusia intelektual itu mampu dengan cepat melatih cara berpikirnya, kritis dalam segala hal, mampu menganalisa dalam segala hal dan memiliki jejaring sosial yang bagus serta sehat fisiknya.
“Ingatlah bahwa pariwisata itu abstrak dan imajinatif, sehingga butuh Manusia yang memiliki empat karakter tersebut (Spritual, Intelektual, jejaring sosial dan sehat) barulah mampu mewujudkannya,” tegasnya.
Sementara itu, Bupati Manggarai Barat, Edi Endi dalam sambutannya menyatakan sinergi pembangunan jenjang Pemerintahan diperlukan untuk pengembangan sektor Pariwisata di Manggarai Barat dengan memperkuat skil Sumber Daya Manusia di Manggarai Barat.
“Kalau Tahun ini bapak Gubernur meresmikan SMKN 3 Komodo, kami yakin 4 tahun ke depan kita bisa melihat anak-anak Manggarai Barat mampu bersaing dan berkontribusi terhadap industri pariwisata di Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super premium,” ungkap Bupati Endi.
“Kita juga sadari, kewenangan sekolah Menengah menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi secara administrasi tetapi dalam pelaksanaannya mari kita sinergi dan koordinasi untuk kemajuan Manggarai Barat karena tujuan kita sama yaitu mewujudkan kesejahteraan,” harap Bupati Edi.

Panitia Pembangunan SMKN 3 Komodo di Kecamatan komodo, Stefanus Satu melaporkan pembangunan Sekolah tersebut atas dukungan Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten dilaksanakan sejak September 2020 dan selesai Desember 2020 untuk memperkuat sumberdaya manusia mendukung pembangunan pariwisata di Manggarai barat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Manggarai Barat, Direktur Utama Bank NTT, Staf Khusus Gubernur, Pimpinan OPD Provinsi, Pimpinan OPD Kabupaten. (*)

Sumber berita + foto : Siaran Pers Biro Administrasi Pimpinan Setda Provinsi NTT