Beranda Daerah Wabup Daniel Landa Lakukan Peletakan Batu Pertama Gedung Gereja

Wabup Daniel Landa Lakukan Peletakan Batu Pertama Gedung Gereja

38
0
Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa ketika melakukan Peletakan Batu Pertama Pembanguan Gedung Ibadah GKS Jemaat Parakamaru di Kalara We, Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro, Minggu (23/5/2021)
WAIBAKUL, RANAKA- NEWS.com- Wakil Bupati Sumba Tengah, Ir. Daniel Landa, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Drs. Tagela Ibisola, Anggota DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Asisten Bidang Administrasi Umum, Ferdinand Umbu Kabalu, SE, melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Ibadah GKS Jemaat Parakamaru bertempat di Kalara We, Desa Wendewa Selatan, Kecamatan Mamboro. Minggu (23/5/2021).

Pembangunan gedung yang baru itu untuk menggantikan bangunan lama yang tidak representatif lagi bila digunakan untuk beribadah oleh jemaat setempat.
Acara tersebut diawali dengan Ibadah bersama Perayaan Hari Pentakosta yang dipimpin Oleh Vic. Ekawati Susanti Mbiliyora, S.Si, Teol yang berlangsung di lokasi acara Peletakan Batu Pembangunan Gedung Ibadah GKS Jemaat Parakamaru.
Wakil Bupati, Ir. Daniel Landa mengatakan, Jemaat harus bersatu dan terhimpun dalam satu kesatuan yang utuh dan kokoh serta yang utama selalu andalkan Tuhan, karena tidak bisa dipungkiri akan ada begitu banyak pergumulan dan perjuangan yang akan dihadapi dalam membangun Rumah Tuhan di Jemaat Parakamaru ini agar bisa dilaksanakan, meski dalam proses pembangunan Gedung Ibadah ini nantinya kita pasti mengalami berbagai kendala yang cukup menguras energi. Proses dan waktu yang dilalui boleh jadi merupakan bagian dari karya Tuhan untuk menguji ketekunan dan kesabaran Jemaat Parakamaru.
“Namun, lewat momentum peristiwa iman perayaan hari Pentakosta yaitu hari pencurahan Roh Kudus yang kita rayakan hari ini, Saya meyakini Roh Kudus akan menggerakkan hati, pikiran, jiwa dan tenaga kita untuk tetap semangat dan mempunyai tekad yang kuat terus bekerja membangun gedung ibadah ini hingga selesai,” ucap Wabup Daniel Landa.
Wakil Bupati berharap pembangunan gedung gereja ini tidak boleh macet dan terhambat, melainkan dapat diteruskan hingga pada tahap akhir dengan penuh rasa kebersamaan dan persatuan diantara sesama jemaat yang terus terjalin. Kiranya melalui pembangunan Gedung Ibadah yang baru ini, Jemaat Parakamaru terus menyatakan karya Penyelamatan Kristus Yesus.
Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati menyampaikan syukur rasa terima kasih kepada keluarga besar Parabusu dan Sinung yang dengan tulus dan ikhlas menyerahkan tanah untuk pembangunan Gedung Ibadah GKS Jemaat Parakamaru yang baru, “kiranya Tuhan akan membalas ketulusan dan keikhlasan serta Tuhan pula akan mencurahkan berkatNya atas yang dilakukan oleh kedua keluarga besar tersebut,” ucap Wabup.
Sementara itu Panitia Pembangunan Bulla Nggallu, S.Pd, M.Si dalam laporannya mengatakan pembangunan Gedung Ibadah ini didasari atas 3 alasan utama yaitu, Pertama dari segi faktor usia bangunan gedung ibadah sudah berusia 37 tahun sejak dibangun pada tahun 1984, secara fisik sudah sangat rusak karena usianya yang sudah lama maka dipandang perlu untuk dibangun gedung yang baru.
Kedua dari segi volume ukuran Gedung Ibadah yang lama saat ini berukuran 8 X 20 meter tidak mampu lagi untuk menampung Jemaat yang kian hari semakin bertambah jumlahnya ketika ibadah berlangsung.
Ketiga dari segi letak Gedung Ibadah saat ini berada dibelakang Sekolah Dasar Inpres Parakamaru dan juga berada diantara perumahan warga serta kondisi tanah bangunan gereja  yang miring dan sempit sehingga sulit untuk dilakukan pengembangan sesuai kebutuhan.
Menurutnya gedung kebaktian yang baru ini berukuran 12 X 37 meter yang dilengkapi dengan ruangan ibadah, ruang sekretariat, ruang konsistori, ruang kerja pendeta, toilet 2 unit, ruang kontrol sound system dan balkon 2 lantai, gedung ibadah GKS Parakamaru diperkirakan menelan biaya pembangunan mulai dari awal hingga tahap akhir sebesar Rp1,7 miliar.
“Kami sangat berharap partisipasi dari semua pihak lewat bantuan dan dukungan berupa apapun demi terselenggaranya pembangunan gedung ibadah ini hingga selesai,” ucap Bula Nggallu. (YB/T)