Beranda Daerah Tim Sekretaris Kabinet Beri Apresiasi Kepada Bupati Sumba Tengah

Tim Sekretaris Kabinet Beri Apresiasi Kepada Bupati Sumba Tengah

23
0
WAIBAKUl, RANAKA- NEWS.com- Bupati Sumba Tengah Drs.Paulus S.K.Limu bersama Wakil Bupati Ir. Daniel Landa  menerima kunjungan 4 orang Tim Sekretaris Kabinet, Jumat (28/05/2021) di Rumah Jabatan Bupati Sumba Tengah Makatul.
Bupati Sumba Tengah, Drs. Paulus S. K. Limu menyampaikan selamat datang di Kabupaten Sumba Tengah kepada Tim Sekretaris Kabinet. Diketahui, Kabupaten Sumba Tengah mendapat tambahan luasan Food Estate seluas 5.000 hektar pada tahun 2021 sehingga total Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah menjadi 10.000 hektar,dan sementara mempersiapkan lahannya serta petani,” ungkap Paulus.
Kecamatan Umbu Ratu Nggay ditetapkan sebagai zona baru yang masuk dalam perluasan Food Estate (Lumbung Pangan) pada tahun 2021.
Pemerintah Daerah menyediakan lokasi untuk zona 6 (enam) di Desa Praikaroku Jangga, Desa Ngadu Olu, Desa Mbilur Pangadu dan Desa Padira Tana, Kecamatan Umbu Ratu Nggay.
Diketahui, Kabupaten Sumba Tengah mendapat tambahan luasan Food Estate seluas 5.000 hektar pada tahun 2021 sehingga total Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah menjadi 10.000 hektar.
Hal ini dikemukakan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ketika berkunjung di Kabupaten Sumba Tengah dalam rangka meninjau pelaksanaan Food Estate di Desa Makatakeri, Kecamatan Katiku Tana pada bulan Februari lalu.
Perluasan lahan tersebut akan diikuti dengan tambahan 2 (dua) zona baru, yaitu zona 6 (enam) dan zona 7 (tujuh).
Sementara zona 7 (tujuh) berlokasi di Desa Susu Wendewa, Wendewa Barat, Wendewa Selatan, dan Wendewa Timur, Kecamatan Mamboro.
Bupati Paulus juga meminta kepada Tim Sekretaris Kabinet agar selalu memberikan dukungan kepada Kabupaten Sumba Tengah,dan juga menambah alsintan berupa 50 unit tractor baik itu roda dua maupun roda empat untuk mengolah lahan food estate seluas 10ribu ha.
Zainal Arifin, S.H,M.H Kepala Bidang Ketahanan Pangan Sekretaris Kabinet menyampaikan bahwa kami bertugas untuk mengawal implementasikan kebijakan pemerintah nasional tentang pengembangan food estate, kami juga memastikan apa yang menjadi program prioritas pemerintah dan arahan presiden terlaksana dengan baik, kami merasa bangga karena penyelenggaraan food estate di Kabupaten Sumba Tengah sudah berhasil dan bahkan kami melihat sejak september 2020 sudah berhasil,atas kerja keras Bupati Sumba Tengah bersama jajarannya,ini perlu dilanjutkan lagi, perencanaan perencanaannya dilakukan dengan baik,dan tentunya dibutuhkan dukungan dari kementrian PUPR,Pertanian,Bappenas,Pariwisata untuk peta jalan dan roodmetnya.
Harapannya perlu ditingkatkan lagi tahap pertama 5000 ha dan hasilnya 4-5 ton jauh dan ini melampaui capaian intervensi sebelum adanya food estate, perlu dikembangkan lahan 10ribu hektar lagi 5600 ha untuk padi dan 4600 untuk jagung, perlu dukungan dari kementrian pertanian,Kementrian PUPR.tugas dari kami Sekretariat Kabinet memastikan arahan presiden agar dapat berjalan dengan baik.
Sesuai dengan arahan Presiden Jokowi untuk Menteri Pertanian,Menteri PUPR,dan Bupati Sumba Tengah untuk memperluas lumbung pangan di kabupaten sumba tengah hingga 10ribu ha dengan rincian 5600 ha padi dan 4600 jagung,Menteri PUPR untuk menambahkan embung dan bendungan,Menteri pertanian dapat menambah alsintan berupa tractor,hend tractor baik yang roda dua maupun yang roda empat,” ungkap Zainal.(YB/T)