Beranda Pendidikan Politani Kupang Buka Jalur Pendaftaran Mandiri, Ini Persyaratannya

Politani Kupang Buka Jalur Pendaftaran Mandiri, Ini Persyaratannya

37
0
KUPANG, RANAKA- NEWS.com- Bagi para siswa-siswi yang baru saja lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau SMK dan kini sedang bingung mencari kampus yang cocok untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, kampus Politeknik Pertanian Negeri (Politani) Kupang mungkin bisa menjadi kampus pilihan untuk berkuliah.
Kampus Politani saat ini sedang membuka  pendaftaran bagi calon mahasiswa baru melalui jalur mandiri. Pendaftaran dibuka sejak tanggal 21 Juni hingga tanggal 30 Juli 2021 mendatang. Politani memiliki 14 program studi dengan berbagai fasilitas pendukung perkuliahan yang diklaim tidak akan mengecewakan mahasiswanya.
Wakil Direktur I Bidang Akademik, Dr. Jacqualine A. Bunga, SP, M.Si mengatakan kampus Politani Kupang telah membuka jalur pendaftaran bagi mahasiswa baru sebanyak 5 jalur dan 4 diantaranya merupakan jalur secara nasional sedang satu jalurnya khusus disiapkan dari pihak kampus.
“Ada lima jalur ya, dibanding tahun lalu yang hanya tiga jalur. Tahun ini diploma tiga dan diploma empat berbeda jalur seleksinya. Sehingga ada lima jalur,” katanya, Rabu 23 Juni 2021.
Empat jalur yang telah dibuka, menurutnya telah mengakomodir sebanyak 297 mahasiswan dari total kuota yang disiapkan sebanyak 1000 lebih. Untuk itu, di jalur Mandiri Jacqualine mengimbau bagi calon mahasiswa baru untuk bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.
Sejak dibuka pada tanggal 21 Juni, jumlah pendaftar calon mahasiswa baru sebanyak 84 orang dan dihari kedua pendaftaran Selasa 22 Juni 2021 sebanyak 83 dan hari ketiga tanggal 23 Juni 2021 hingga pukul 10.00 WIita sebanyak 12 orang. Total selama tiga hari pendaftaran sebanyak 179 calon mahasiswa baru yang mendaftar.
“Total yang kami siapkan dengan total 14 program studi (prodi,red). 8 prodi diploma tiga dan 5 prodi diploma empat, kami menyediakan kuota 1.290. Ini masih ada waktu calon mahasiswa baru silahkan mendaftar hingga 30 Juli 2021,” jelasnya.
Dia menyebut tahun ini tidak ada lagi perpanjangan pendaftaran di jalur mandiri disebabkan waktu yang sudah disiapkan sudah sangat cukup.  Untuk itu, dirinya kembali mengimbau untuk calon mahasiswa baru untuk bisa memanfaatkan kesempatan ini agar mendaftarkan diri menjadi mahasiswa di kampus Politani Kupang.
Untuk alur pendaftaran, menurutnya bisa diakses melalui website Politani Kupang @politanikoe.ac.id untuk mengetahui informasi lebih lanjutnya. Politani Kupang juga membuka sekretariat di kampus yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru untuk melakukan pendaftaran jika tidak mau mendaftar dari rumah.
Politani Kupang, memberikan kemudahan bagi calon mahasiswa baru yang kesulitan mendaftar agar bisa melakukan konsultasi dilayanan telepon 08135214263. Jacqualine menerangkan, untuk pendaftaran jalur mandiri, calon mahasiswa cukup membayar 200 ribu.
Usai melakukan pembayaran, calon mahasiswa akan diberikan akun untuk bisa mengakses dan mengupload semua persyaratan yang ditentukan.
“Syaratnya ada di web Politani itu ada, bisa dicek untuk disiapkan,” ujarnya.
Setelah berkas diupload dan terkirim, pihak kampus akan melakukan verifikasi berkas dan mengumumkan calon mahasiswa yang lulus menjadi mahasiswa. Jalur Mandiri, kuota yang disiapkan sebanyak 387. (*/HL)